DECEMBER 9, 2022
Basket

Bursa Transfer IBL Tokopedia 2024: Satria Muda Rekrut Elgin Cook

image
Satria Muda Pertamina perkenalkan Roster baru mereka yaitu Elin Cook asal Milwaukee Amerika Serikat untuk gantikan posisi Myke Henry (Satriamuda.id)

SPORTYABC.COM – Klub basket asal DKI Jakarta Satria Muda Pertamina Jakarta resmi rekrut pemain asal Amerika Serikat, Elgin Rashad Cook usai melepas pemain asingnya Mycheat Henry jelang babak playoff IBL Tokopedia 2024.

Alasan memilih Elgin Rashad Cook yang malang melintang di arena bola basket Eropa ini menurut pelatih kepala Satira Muda Youbel Sondakh sebagaimana dilansir dari laman resmi klub katakan adalah kebutuhan tim terhadap pemain yang kuar secara fisik dan energi.

Oleh karena itu bagian dari persiapan Satria Muda dalam menghadapi tig laga berat serta playoff di sisa musim ini.

Baca Juga: IBL Tokopedia 2024: Satria Muda Pertamina Hentikan Peluang Playoff Hawks

“Kenapa saya bilang kita perlu pemain yang ga takut kontak fisik dan punya energi gede, karena saya ingin Elgin langsung punya dampak yang besar begitu masuk di lapangan,” 

“bisa langsung kasih sesuatu ke kami. Selain itu tim ini perlu pemain dengan karakter bad boy sih di lapangan, supaya bisa jadi pembeda nantinya,” kata Youbel di sela-sela latihan Satria Muda. 

Youbel memberikan jawaban kenapa memilih pemain asal liga Spanyol, pelatih yang bawa Satria Muda juara dua kali ini tegaskan salah satu faktor utamanya karena liga bola basket disana merupakan yang terbaik di daratan Eropa yang tentu saja disertai oleh kualitas para pemainnya. 

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Ditahan Imbang Swiss, Skotlandia Masih Ada Harapan

“Selain itu karena saat ini staf kepelatihan SM banyak diisi sosok-sosok asal Spanyol, kita tahu dulu pelatih kepala kita, terus juga sekarang ada Cesar sebagai asisten dan Luis Guil sebagai penasihat teknis. 

“Jadi memang kehadiran mereka membuka keran baru kita dalam proses bursa transfer pemain. Dan terbukti seorang Artem begitu datang langsung punya dampak yang bagus buat tim ini dan itu juga yang saya harapkan dari seorang Elgin Cook. Semoga dia cepat beradaptasi di liga kita,” pungkasnya.

Cook, yang bermain di posisi small forward, memiliki pengalaman bermain di berbagai liga Eropa dan pernah meraih gelar juara di Kroasia.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Prediksi dan Link Streaming Spanyol Melawan Italia

Mengutip laman resmi IBL, Cook bermain di ACB Spanyol bersama klub Tenerife selama dua musim terakhir. 
Pada musim 2022-23, ia mencatat rata-rata 6,5 poin per game (ppg) dan 3,0 rebound per game (rpg) dalam 34 pertandingan.

Pada musim 2023-24, kontribusinya adalah 5,8 ppg, 2,7 rpg, dan 1 assist per game (apg) dalam 33 pertandingan. Bersama Tenerife, Cook tidak hanya tampil di liga domestik, tetapi juga di FIBA Champions League dan Intercontinental Cup.

Cook awali karier profesionalnya setelah tidak masuk dalam draft NBA 2016, kemudian dia bergabung bersama Sacramento Kings untuk Summer League NBA 2016. Pada 16 September 2016, ia menandatangani kontrak dengan Golden State Warriors.

Namun, Cook kemudian dibebaskan oleh Warriors pada 9 Oktober setelah tampil dalam dua pertandingan pramusim. Setelah itu, Cook diakuisisi oleh Santa Cruz Warriors dari NBA Development League sebagai pemain afiliasi Golden State.

Satria Muda hanya memiliki sisa tiga pertandingan untuk menyatukan Elgin Cook dengan pemain lain dalam rosternya sebelum menghadapi babak playoff. Pelatih dan tim berharap kehadiran Cook dapat memberikan dorongan tambahan bagi tim dalam meraih prestasi di kompetisi IBL 2024.

Elgin Cook sendiri ketika ditemui usai latihan perdana dengan Satria Muda di Britama Arena mengatakan bahwa sangat senang bergabung dengan Satria Muda, apalagi dia tahu bahwa tim ini punya prestasi yang mentereng di liga basket Indonesia. 

“Pertama yang saya suka adalah atmosfir persaingan tim ini sangat tinggi, bisa dilihat beberapa kali para pemain saling terjatuh dan berteriak satu sama lain.” 

“Dan itu sangat bagus bagi saya sebagai orang baru. Saya selalu suka bergabung dengan tim yang mengejar piala dengan ambisius, dan tentu saja saya datang kesini untuk piala,’ ujar mantan pemain Lenovo Tenerife ini bersemangat. 

Selanjutnya pria yang merupakan putra dari mantan pemain NBA Alvin Robertson ini akan mengenakan nomor punggung 28 dan siap melakukan debutnya kala Sattria Muda bertandang ke Bandung pekan ini. 
Sumber : Satriamuda.id, Antara ***

Sumber: Satriamuda.id, Antara

Berita Terkait