DECEMBER 9, 2022
Internasional

8 Tim Beradu Taktik Demi Rp 5 Miliar dan Gelar Piala Presiden 2024

image
Usai vakum selama dua tahun, Piala Presiden 2024 kembali hadir dengan 8 peserta mengadu taktik demi Rp 5 miliar dan gelar juara (Youtube PSSI)

SPORTYABC.COM –  Teka teki mengenai ada tidaknya turnamen pramusim Piala Presiden 2024 terjawan sudah.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2024 dipastikan ada kembali dan berlangsung pada 19 Juli hingga 4 Agustus 2024 demi memperebutkan total hadiah Rp 5 miliar.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Steerin Committee Piala Presiden 2024 Maruarar Sirait dalam jumpa pewarta pada hari ini Senin 15 Juli 2024.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2024: Ajak Pemain Lain Tutupi 1 Personel Filipina yang Cedera, Jay Idzes Panen Pujian

Piala Presiden 2024 akan diikuti oleh delapan tim dari 18 klub peserta Liga 1 musim 2024/25. Delapan tim tersebut adalah Persib Bandun, Madura United, Borneo FC.

Kemudian Bali United, Persis Solo, Persija Jakarta, PSM Makassar dan Arema FC, tahun ini adalah tahun keenam kalinya.

Terakhir kali turnamen Piala Presiden digelar pada tahun 2022 dengan pemenang adalah Arema FC
Piala Presiden 2024 kali ini digelar di tiga kota yaitu Bandung, Bali dan Solo. Dari delapan tim akan dibagi menjadi dua grup yaitu  Grup A dan Grup B

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Grup A sendiri diisi oleh Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo dan PSM Makassar sementara di Grup B terdapat Maduar United, Bali United, Persija Jakarta dan Arema FC

Laga penyisihan Grup A akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, sedangkan Grup B di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Untuk laga semifinal dan final Piala Presiden 2024 akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 4 Agustus 2024 denan memperebutkan hadiah total Rp 5 miliar. 

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar Sebut Ada Beberapa Contoh Pengadilan Berperan Signifikan dalam Pembentukan Hukum

Menurut Maruarar Sirait mengatakan bahwa turnamen Piala Presiden ini mempererbutkan hadiah Rp 5 miliar dan ajang ini tersaji dalam dua pekan.

“Saya rasa belum ada turnamen sepak bola yang dapat hadiah Rp5 miliar dalam 2 minggu,” ujar Maruarar Sirait kepada awak meda pada hari ini Senin 15 Juli 2024

“Liga main satu tahun, hadiahnya cuma 2,5 miliar,” ucapnya.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

“Tapi mudah-mudahan liga juga ke depannya lebih baik lagi.”

Dalam turnamen Piala Presiden 2024 ini, mantan politisi PDI Perjuanan ini berharap turnamen ini bisa menciptakan banyak pemai berprestasi

“Mohon dukungan dari semuanya supaya berjalan baik sesuai value yang diinginkan Presiden,” kata Maruarar Sirait.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

“Semoga ini bisa melahirkan pemain yang baik dan berprestasi, tidak ada pengaturan skor di mana tadi Pak Kapolri juga sudah menekankan kepada jajarannya supaya melakukan tindakan tegas dan preventif untuk menghindari hal ini,” ujarnya.

Selain memperebutkan hadiah Rp 5 miliar dan titel juara Piala Presiden 2024, menurut Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2024 Risha Adi Wijaya bahwa selain hadiah utama terdadpat ada match fee.
Risha Adi Wijaya mengatakan bahwa Match fee yang didapatkan tim yang menang senilai Rp350 juta

“Match fee itu ada. Yang menang Rp350 juta, yang kalah Rp150 juta, yang seri Rp250 juta,” tutur Risha. ***
 

Sumber: PSSI

Berita Terkait