DECEMBER 9, 2022
News

Jokowi Namai Istana Garuda, Kantor Presiden di IKN

image
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno bersama sejumlah perwarta meninjau Istana Garuda dan Istana Negara di IKN (BPMI Setpres - Muchlis Jr)

SPORTYABC.COM – Presiden Joko Widodo namai Istana Garuda, bangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), sementara Istana Kepresidenan IKN dinamai Istana Negara.

Penamaan ini disampaikan oleh Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono usai menghadiri rapat internal bersama Joko Widodo di IKN, pada Senin 29 Juli 2024.

"Beliau menyampaikan, ini Istana Garuda, bukan Kantor Presiden lagi, tapi namanya Istana Garuda. Yang di bawah, Istana Negara," kata Basuki seperti dilanisr dari Antara

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Lepas Kontingen Indonesia, Presiden Jokowi Minta Harumkan Indonesia di Mata Dunia

Basuki Hadimuljono pun jelaskan bahwa Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara pada dataran lahan yang lebih tuinggi, tempat itulah akan menjadi tempat Presiden berkantor.

Adapaun Istana Negara IKN yang beupa bangunan sangat mewah yang akan menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia.

Bangunan ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP IKN Kabupaten Panajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA: Nia Samsihono Sebut Musikalisasi Puisi yang Biasa Tidak Sama dengan yang Pakai AI

Basuki Hadimuljono yang juga Menteri PUPR ini menyebutkan nama istana bagi fasilitas kegiatan presiden itu sebagai ofisial yang bisa dikenal oleh masyarakat luas.

"Nama ini sudah official, ini Istana Garuda dan di sana ada Istana Negara. Istana Garuda, dan Istana Negara," katanya.

Jokowi yang sudah mulai berkantor di IKN mulai pekan ini bahkan dirinya sudah menginap di kantornya sejak Minggu 28 Juli 2024 kemarin.

Baca Juga: Pesan Denny JA kepada Penyair Payakumbuh agar Tak Campuradukkan Puisi Esai dengan SATUPENA

Namun dirinya mengaku tidak bisa tidur nyenyak usai bermalam di kantor barunya karena mengaku belum terbiasa dengan suasana di tempat yang baru.

"Nggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi.

Seperti janjinya, Jokowi mulai berkantor di IKN dan dijadwalkan untuk tiga hari ke depan, pada hari pertama Jokowi akan menerima tamu atau audiensi serta rapat di ruang kerja sebagai kegiatan acara harian ketika berkantor di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: Yang Bukan Kritikus Seni Rupa Boleh Ambil Bagian: Sebuah Pengantar Buku Pameran Lukisan Bantuan AI dari Denny JA

Rapat terbatas diselenggarakan bersama jajaran otoritas IKN dan Menseseng, usai itu Jokowi akan menerima kunjungan dari kepala daerah dan forum koordinasi pimpinan daerah atau Forkorpimda setempat.

"Hari ini saya ratas dengan OIKN, Gubernur, Bupati di sekitar IKN. Pemanasan," kata dia.

Jokowi pun sangat optimis pengerjaan Istana Kepresidenan di IKN berjalan dengan sangat baik, kendati pasti terus berproases bahkan menurutnya ketika dirinya berkantor hari ini masih ada ribuan pekerja yang melakukan pekerjaan mereka.

Baca Juga: Lukisan Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia Karya Denny JA Diserahkan ke Gereja Katolik Santo Servatius

Namun Jokowi enggan beberkan presentase pengerjaan proyek tersebut dan meminta mengenai hal tersebut dintayakan langsung kepada Basuki Hadimuljono Menteri PUPR  yang juga Plt Kepala Otoritas IKN.

Namun yang pasti Jokowi pastikan tidak ada lagi masalah terkait ketersediaan air, Listrik hingga akses internet bahkan air sangat melimpah di IKN.

"Tidak ada masalah. Air melimpah, listrik oke, internet bagus," ujarnya ***

Sumber: Setpres, Antara

Berita Terkait