DECEMBER 9, 2022
F1

GP Spanyol 2024: Max Verstappen Juara, Lewis Hamilton Naik Podium

image
Max Verstappen bersama Lewis Hamlton, Lando Norris dan perwakilan Red Bull Racing berfoto bersama usai menangi balapan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona Calalunya, Minggu 23 Juni 2024 waktu setempat (X.com/F1)

SPORTYABC.COM –  Juara dunia tiga kali beruntun, Max Verstappen menjadi yang pertama dalam menangkan Grand Prix Spanyol dengan dramatis

Max Verstappen juara Grand Prix Spanyol yang mengaspal di Sirkuit Barcelona Catalunya pada Minggu 23 Juni 2024 waktu setempat.

Max Verstappen menang tipis dari polesitter Lando Norris dari McLaren denga selisih waktu 2,219 detik saja.
Sementara podium terakhir Grand Prix Spanyol dhuni oleh mantan juara dunia tujuh kali, Lewis Hamilton dari Mercedes yan terpaut jarak yaitu 17,790 detik dari Max Verstappen.

Baca Juga: Bursa Transfer IBL Tokopedia 2024: Satria Muda Rekrut Elgin Cook

Bagi Lewis Hamilton, Grand Prix Spanyol adalah podium pertama dirinya pada musim 2024 ini.

Sedangkan bagi Max Verstappen kemenangan di Barcelona ini menjadi yang ketujuh dari 10 grand prix yang telah digelar padad 2024. Sebelumnya dirinya menang di GP Bahrain, Saudi Arabia, Jepang, China, Imol dan Kanada

Selain menang yang ketujuh, juara Verstappen di Barcelona ini menandai kemenangan ke 61 sepanjang karirnya.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Lamban Mendistribusikan Bola Jadi Faktor Kekalahan Italia atas Spanyol

Mengenai jalannya balapan dengan total 66 lap di Spanyol hari ini, Verstappen dengan sigap langsung merebut posisi terdepan dari Norris pada lap ketiga. 

Ia mampu mempertahankan keunggulannya tersebut bahkan hingga lap ketujuh, dimana Norris sementara bersusah-payah keluar dari urutan ketiga, di belakang Verstappen dan George Russell (Mercedes).

Perebutan posisi terdepan berlangsung dengan sengit, terutama saat Norris memutuskan untuk kembali ke pit dan bangkit lebih kuat.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sastra Memberikan Suara Kepada Mereka yang Sering Terpinggirkan

Benar saja, Norris yang bahkan sempat berada di P5, memberikan perlawanan alot untuk menyalip para pembalap di depannya. Pada lap ke-45, pembalap Inggris itu mampu mempersempit jarak dengan Verstappen yakni 4,4 detik saja.

Jelang lap-lap akhir, pertarungan juga terjadi di antara dua pembalap Mercedes yang berusaha untuk memperebutkan satu tempat di podium terakhir.

Russell, yang sebelumnya tampil solid di sepanjang balapan, harus menyerah dari rekan satu timnya setelah Hamilton mengamankan P3.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Semen Padang FC Sukses Datangkan 11 Pemain Baru

Di sisi lain, putaran ke-11 dari Formula 1 musim 2024 akan kembali berlanjut pekan depan pada 28-30 Juni melalui Grand Prix Austria, yang akan bergulir di Sirkuit Red Bull Ring. ***

 

Sumber: Antara

Berita Terkait