DECEMBER 9, 2022
Moto GP

MotoGP 2024: Pramac Resmi Ucapkan Selamat Tinggal dengan Ducati dan Berpindah ke Yamaha Musim 2025

image
Prima Pramac Racin menjadi tim satelit Yamaha pada MotoGP musim 2025 mendatang (x.com/Pramacracing)

SPORTYABC.COM – Pabrikan motor Jepang Yamaha Motor Co umumkan Prima Pramac Racing akan menjadi tim satelit Yamaha mulai MotoGP 2025 dengan durasi kontrak multi year.

Dengan adanya program multi year mulai MotoGP 2025 antara Yamaha dengan Prima Pramac Racing diperkirakan pihak Yamaha akan menyediakan motor YZR-M1 dengan spesifikasi sama dengan pabrikan asal Jepang tersebut.

Pebalap dan staff teknik MotoGP yang dikontrak oleh Yamaha akan bekerja sama dengan staff tim Prima Pramac Racing.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Dengan kerja sama dengan Prima Pramac Racing otomatif akan menambah dua Yamaha YZR-M1 pabrikan tambahan di MotoGP mulai 2024 mendatan hingga seterusnya.

"Ini adalah masa-masa sibuk bagi Yamaha, baik di trek maupun di belakang layar," kata Direktur pelaksana Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis melalui keterangan resmi, Jumat 28 Juni 2024 waktu setempat .

"Yamaha Motor Co., Ltd. (YMC) dan Yamaha Motor Racing (YMR) bukan rahasia lagi bahwa mereka mengerahkan seluruh upaya mereka dalam pengembangan motor."

Baca Juga: Copa America 2024: Gol Bunuh Diri Spektakuler Kasey Palmer, Ekuador Sukses Libas Jamaika

"Kini kami memasuki fase berikutnya. Fase yang sudah lama kami nantikan dengan kedatangan tim Yamaha kedua."

"Kemitraan baru dengan Prima Pramac Racing akan mengambil bentuk yang berbeda dari yang kami lakukan sebelumnya."

"Daripada tim satelit, dengan perjanjian baru ini Yamaha telah menaruh kepercayaan mereka pada Pramac Racing."

Baca Juga: Copa America 2024: Libas Meksiko, Venezuela Ikuti Argentina ke Perempat Final

"Kami akan menyediakan mereka motor pabrikan dengan spesifikasi sama dengan yang digunakan oleh Tim Monster Energy Yamaha MotoGP."

Walau sebagai tim keduanya Yamaha, Prima Pramac Racin akan tetap dimiliki secara independent dan dapat pertahankan basis mere kadi Rugby, Inggris

Dengan Prima Pramac Racing menjadi baian dari Yamaha pada tahun depan dengan tujuan untuk membuat pernyataan kuat mengenai niat mereka untuk kembali ke jalur kemenangan dalam waktu dekat

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024:Singapura Menang Telak atas 10 Pemain Filipina

"Targetnya mempercepat pengembangan motoryang tetap menjadi prioritas utama YMC dan YMR dalam upaya kami untuk kembali ke jalur kemenangan," ucap Jarvis

"Selain itu, memiliki empat pembalap kompetitif pada kejuaraan MotoGP dalam dua tim kelas atas."

Selain program MotoGP, kolaborasi dengan Prima Pramac Racing juga mencakup proyek Moto2 masa depan yang menyediakan poragan untuk mendidik para pebalap MotoGP  masa depan.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Libas Laos Setengah Lusin Gol, Indonesia ke Semifinal

"Masih terlalu dini untuk memberikan rincian mengenai program ini saat ini karena program ini akan dikembangkan dalam beberapa bulan ke depan," ujar Jarvis.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi pribadi dan terima kasih kepada Paolo Campinoti, CEO Pramac, dan Gino Borsoi, Manajer Tim Prima Pramac Racing, atas keyakinan dan kepercayaan mereka pada Yamaha."

"Kami sangat menghormati tim mereka, dan kami meyakinkan mereka akan komitmen penuh kami untuk membuat kemitraan baru ini sukses di tahun-tahun mendatang."

Baca Juga: Copa America 2024: Luis Diaz Cetak Gol Perdana, Kolombia Tatap Perempat Final

Saat ini Prima Pramac Racing diperkuat Jorge Martin dan Franco Morbidelli dimana Martin akan pindah ke Aprilia.

Sementara Franco Morbidelli di Prima Pramac Racing belum diketahui, namun jika terpilih lagi diirinya akan reuni denan pabrikan Iwata.

Morbidelli pernah menjadi sejawat Fabio Quartararo di Yamaha pada musim 2019 hingga 2024.

Prestasinya ketika memperkuat Yamaha adalah menjadi runner up MotoGP musim 2020 usai Johan Mir juara ketika itu memperkuat Suzuki.***
 

Sumber: Yamahamotogp.com

Berita Terkait