DECEMBER 9, 2022

Olimpiade Paris 2024: NOC Indonesia Rilis Seragam Resmi Kontingen Merah Putih Karya Putra Prabowo Subianto

image
NOC Indonesia luncurkan seragam yang akan digunakan atlet Indonesia dalam ajang Olimpiade Paris 2024 karya Didit Hediprasetyo (Instagram.com/timIndonesiaiofficial)

SPORTYABC.COM – Komite Olimpiade Indonesia atau NOC Indonesia akhirnya merilis seragam resmi kontingen Merah Putih untuk Olimpiade Paris 2024.

Sebagaimana dilansir dari Antara, seragam tanding kontingen Merah Putih ini masih diprodduksi oleh jenama asal China Li-Ning sebagaimana edisi terakhir Olimpiade Tokyo 2021. 

Namun bedanya dengan seragam resmi kontingen Merah Putih untuk Olimpiade Paris 2024 ini dirancang oleh Didit Hediprasetyo yang tak tak bukan putra dari Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Merah dan Putih menjaid warna dominan, namun kombinas dua warna yang melambangkan keberanian dan kesucian ini dipadu padankan dalam posisi yang tidak simetris dengan garis yang membujur dari tengah kerah ke samping badan.

Didit Hediprasetyo pun jelaskan bahwa rancangan seragam kontingen Merah Putih ini terinsiprasi dari lau Berkibarlah Benderaku.

"Waktu itu, saya cari inspirasi untuk koleksi ini. Sempat riset dan menemukan (inspirasinya) dari mendengarkan lagu Berkibarlah Benderaku," kata Didit Hediprasetyo

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

"Itulah yang menjadi inspirasi untuk jersi Merah Putih ini," kata putra satu-satunya dari Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

Selain seragam tanding dan latihan, para atlet Indoneisa yang berpartisipasi di Olimpiade Paris 2023 akan dibekali dengan dua set seragam dan atribut yang wajib dipakai saat pengukuhan dan pelepasan kontingen Merah Putih, keberangkatan, kepulanan dan acara resmi selama Olimpiade Paris 2024 berlangsung. 

Selain itu para peraih medali nantinya akan mengenakan seragam dengan motif khusus dalam upacara di atas podium.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Terkait dengan seragam kontingen Merah Putih mendapatkan apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo  yang kagum dengan desain seragam para wakil olahraga Tanah Air pada Olimpiade Paris 2024.

"Olimpiade Paris 2024 ini spesial karena memang lokasinya itu di Paris. Paris ini kan benchmark-nya dari dunia fesyen," ucap Dito.

"Kita lihat pekan-pekan ini negara-negara (lain) sudah mengumumkan jersinya dan tidak main-main semuanya menggunakan desainer kelas atas."

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

"Indonesia, alhamdulillah kita memiliki Mas Didit dan kita ketahui di dunia internasional namanya sangat gemilang."

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dimana dirinya berharap semua pihak bisa terlibat dalam memajukan olahraga Indonesia.

"Kita semua insan olahraga Indonesia punya peran untuk berkontribusi dengan dukungan terbaik kepada para atlet kita yang mengangkat harkat dan martabat kita di ajang tertinggi olahraga dunia, yaitu Olimpiade," tambahnya.

Baca Juga: PIala Eropa 2024: Menang atas Rumania, Ribuan fans Belanda di Kota Ambon Melakukan Aksi Konvoi

Dalam Olimpiade Paris 2024 ini Indonesia telah loloskan sekitar 29 atlet. Sementara itu Olimpiade Paris 2024 yang ke- 32 ini akan berlangsung pada 26 Juli hinggga 11 Agusutsu mendatang ***

Sumber: Instagram TimIndonesia

Berita Terkait