DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Drama Comeback 6 Menit Belanda Atas Turki, Timnas Pusat Tantang Inggris

image
Denzel Dumfries menyemangati rekan setimnya di Inter Milan Hakan Calhanoglu yang tengah bersedih, Belanda menang 2-1 atas Turki di perempat final Piala Eropa 2024 akan meladeni Inggris di semfinal (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga perempat final Piala Eropa 2024 hadirkan Belanda melawan Turki yang berakhir dengan kemenangan Belanda dengan skor 2-1.

Laga perempat final Piala Eropa 2024 antara Belanda melawan Turki berlangsung di OlympiaStadion, Berlin, Minggu 7 Juli 2024.

Dalam laga melawan Belanda, Turki mendapatkan dukungan langsung dari orang nomor satu negara mereka yaitu Presiden Recep Tayyip Erdogan yang hadir langsung di Olympiastadion, Berlin.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2024: Ajak Pemain Lain Tutupi 1 Personel Filipina yang Cedera, Jay Idzes Panen Pujian

Namun kehadiran Presiden Recep Tayyip Erdogan tidak membuat nyali para pemain Belanda ciut terbukti Timnas Pusat ini memulai laga sebagai pengambil inisiatif serangan.

Di menit kedua, Memphis Depay mengobrak abrik pertahanan Turki dengan tusukan menyisir areal penalti
Pergerakannya diakhir dengan tendangan yang maish melesat dari gawang. Turki mendapatkan peluang lewat percobaan jarak jauh Salih Ozcan yang melayang di atas tiang gawang.

Lalu Abdulkaerim Bardakci lanjutkan ancaman Turki, tendangan kakinya di mulut gawang usai teruskan umpan parekik melengkung, Hakan Calhanoglu hanya layankan bola ke atas tiang gawang.

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Tim asuhan Vincenzo Montella mengambil alih serangan dengan gentian menekan pertahanan Belanda, sementara para pemain Belanda tidak efektif dalam menguasai bola.

Arda Guler lepaskan percobaan pertamanya lewat tendangan melengkung yang masih jauh dari gawang Bert Verbruggen

Pemain masa depan Real Madrid ini akhrnya catatkan kontribusi untuk gol pembuka laga, berawal dari sepak pojok Calhanoglu yang dispau bek Beladan di kotak penalti.

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Namun bola mendarat di kaki Guler, yang berada sedikti di luar areal penalti, pemain yang mendapat julukan Messi dari Turki ini teruskan dengan kirimkan umpan kea rah kerumunan depan gawang.

Umpannya berhasil disambut oleh sundulan Samet Akadyin pada menit ke 35 untuk taklukkan Bart Verbruggen.

Hingga wasit Clement Turpin dari Prancis meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama kedudukan 0-1 untuk keunggulan Turki Tidak berubah.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Lepas dari kamar ganti, Ronald Koeman melakukan perubahan komposisi pemain dalam mengejar gol penyama kedudukan.

Namun Turki mampu lebih dulu mendapatkan dua peluang emas beruntun, lewat tendangan bebas Arda Guler nyaris melahir gol kedua walau hanya mengenai tiang gawang.

Turki catatkan peluang kedua melalui pemain Juventus, Kenan Yildiz yang lepaskan tendangan keras yang digagalkan dengan Verbruggen.

Baca Juga: Copa America 2024: Hajar Venezuela di Babak Tos Tosan, Kanada Kembali Tantang Messi Cs di Semifinal

Gol penyama keadaan bagi timnas pusat akhirnya lahir juga pada menit ke 70, berawal dari tukar umpan Depay dengan Jerdy Schouten  di sisi kanan pertahanan Turki.

Depay kiriman crossing yang tanpa pikir panjang disambut dengan sundulan Stefan De Vrij dan mengubah menjadi 1-1 untuk timnas pusat.

Selang enam menit kemudian, timnas pusat berhasil berbalik unggul lewat gol bunuh diri dari Mert Muldur,
Sembari terjatuh, Cody Gakpo mendorong umpan matan Denzel Dunfries yang meluncur dari sisi kanan pertahanan Turki.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 2: Jafri Sastra Resmi Latih Sriwijaya FC

Namun menurut catatan UEFA gol yang disarangkan oleh Gakpo sebagai aksi bunuh diri karena ada gangguan dari kaki Muldur.

Kegagalan tim asuhan Vincenzo Montella dalam menyamakan kedudukan dengan sisa waktu yang ada ditambah penyelamatan gemilang dari Bart Verbruggen membuat Turki semakin tidak menentu.

Hingga wasit Clement Turpin dari Prancis meniupkan pelui tanda berakhirnya laga dengan kemenangan timnas pusat, Belanda atas Turki dihadapan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: PSS Sleman Umumkan Rekrutan Keempat, Gustavo Tocantins

Dengan hasil ini membuat Belanda melaju ke semifinal Piala Eropa 2024 dan akan meladeni Inggris yang sudah lebih dulu lolos berkat menang adu penalti dengan Swiss. 

Laga semifinal antara Belanda melawan Inggris akan berlangsung pada Kamis 11 Juni 2024 pukul 02.00 WIB di BVB Stadion Dortmund, di kota Dortmund. *** 
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait