DECEMBER 9, 2022
Football

PIala Eropa 2024: Menang atas Rumania, Ribuan fans Belanda di Kota Ambon Melakukan Aksi Konvoi

image
Penggemar tim sepak bola Belanda melakukan aksi konvoi kemenangan atas Rumania di Kota Ambon (Antara/Dedy Azis)

SPORTYABC.COM – Kemenangan 0-3 Belanda atas Rumania di partai 16 besar Piala Eropa 2024 disambut suka cita dan gegap gempita oleh para fans dari negara kincir angin tersebut termasuk di Kota Ambon, Maluku.

Ribuan penggemar timnas Belanda di Kota Ambon, Maluku melakukan aksi konvoi atas kemenangan tim berjuluk de Oranje atas Rumania di babak 16 besar Piala Eropa 2024

Menurut salah satu penggemar timnas Belanda mengatakan bahwa konvon ini sebagai ungkapan euforia mereka karena dalam dua laga kemarin tim Belanda belum mampu raih kemenangan di ajang Piala Eropa 2024

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

“Konvoi ini sebagai ungkapan euforia kami karena dalam dua pertandingan kemarin tim Belanda belum mampu meraih kemenangan,” kata salah satu penggemar, Frans Lekatompessy di Kota Ambon, Rabu 3 Juli 2024.

Konvoi kemenangan tersebut dilakukan tepat seusai pertandingan Belanda kontra Rumania pada babak penyisihan 16 besar Piala Eropa 2024 berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Belanda.

Mengendarai roda dua maupun roda empat, para penggemar tim sepak bola Belanda melakukan konvoi mengelilingi Kota Ambon, mengenakan atribut bernuansa oranye lengkap dengan bendera Belanda yang dikibarkan.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Bahkan sebuah bendera Belanda berukuran 3x4 juga dibentangkan sebagai bentuk kegembiraan para pecinta tim sepak bola Belanda itu.

Euforia para penggemar tim sepak bola Belanda di Kota Ambon bahkan terasa sebelum pertandingan dimulai. Penggemar The Oranye di kota itu menggelar nonton bareng di setiap sudut kota.

"Pokoknya kalau Belanda yang bertanding, Ambon tetap ramai," ujar penggemar Belanda lainnya, Jackson Manuputty

Baca Juga: Diskusi Satupena, Okky Madasari: Fiksi Bisa Terinspirasi dari Kejadian Nyata, Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Menurutnya tim sepak bola Belanda sendiri memiliki banyak penggemar fanatik di Maluku lantaran banyak orang Maluku yang memiliki kerabat jauh dari negeri kincir angin tersebut.

"Euforia kompetisi sepak bola Eropa maupun piala dunia di Ambon akan sangat terasa ketika Belanda bertanding, apalagi saat ini Belanda memiliki banyak pemain yang juga ada darah Maluku seperti Tijjani Reijjner," ujar Jackson.

Sementara itu pada pertandingan antara Belanda melawan Rumania, The Oranye berhasil melenggang ke delapan besar berkat Cody Gakpo dan Donyell Malen menjadi bintang kemenangan di laga ini.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Gakpo membuka keunggulan di babak pertama lewat gol di menit ke-20. Penyerang Liverpool itu kemudian merancang gol kedua yang dicetak donyell Malen di menit ke-83.

Di penghujung laga, Donnyell Malen kembali cetak gol  lewat sebuah serangan balik, memastikan keunggulan tiga gol. ***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait