DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Rabu, Jokowi Lepas Kontingen Merah Putih

image
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyerahkan bendera Tim Indonesia kepada Ketua Umum Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie yang ditunjuk sebagai Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris (NOCIndonesia.id)

SPORTYABC.COM – Jelang gelaran Olimpiade Paris 2024, sejumlah negara melakukan persiapan salah satnya Kontingen Merah Putih.

Kontingen Merah Putih telah masuki fase akhir persiapan menuju Olimpiae Paris 2024 kabarnya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo  pada Rabu 10 Juli 2024 mendatan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari di sela sela peresmian kerja sama dengan produsen es krim, Aice sebagai worldwide Olympic partner di Jakarta.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

"Kami sudah memasuki fase akhir persiapan. Fase akhir ini memang sangat krusial karena kami harus memastikan semua atlet dan ofisial yang akan berangkat dalam keadaan sehat," kata Raja Sapta Oktohari

Pria yang akrab disapa Okto itu juga mengatakan bahwa tim Indonesia rencananya bakal dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada 10 Juli 2024. 

"Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan, tim Indonesia akan dilepas secara resmi oleh Bapak Presiden tanggal 10 Juli dan kami masih menunggu konfirmasinya," ujarnya. 

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

"Setelah itu, kontingen pertama tanggal 13 Juli mulai berangkat. Setelah itu, pada hari-hari selanjutnya sampai tanggal 22 Juli," kata Okto.  

"Pada tanggal 22 Juli, kami akan masuk ke athlete village dan setelah itu tanggal 26 Juli kami akan mengikuti pembukaan Olimpiade Paris 2024," ungkapnya.  

Indonesia sendiri sejauh ini sudah meloloskan 29 atlet dari 12 cabang olahraga (cabor), yaitu angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, dayung, judo, menembak, panahan, panjat tebing, renang, selancar ombak, dan senam artistik. 

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Assist Yamal dan Gol Menit 119 Buyarkan Mimpi Toni Kroos Cs

Raja Sapta Oktohari juga mengatakan bawah  parade atlet ketika pembukaan Olimpiade Paris 2024 juga tidak seperti biasanya,

Sejatinya para atlet akan mengitari stadion ketika diperkenalkan oleh tuan rumah dengan membawa bendera negara masing masing, namun untuk Olimpiade Paris 2024 berbeda jelas Okto karena akan berlangsung di atas kapal.

"Dalam waktu dekat, akan kami pastikan karena konsep defilenya berubah. Ini untuk pertama kali, tidak dilakukan seperti biasanya," ujar Okto.  

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

"Makanya, saya selalu bilang bahwa Olimpiade Paris akan banyak sekali kejutan. Baik di sana, di kita, maupun kejutan hasil yang mudah-mudahan menjadi kejutan," katanya.  

"Biasanya defile berjalan berputar, tetapi kali ini akan dilakukan di atas kapal, di atas sungai. Ini yang akan mengubah konsep dari persiapan para atlet kita yang biasanya melakukan defile dengan pola yang sama," ujar Okto. ***

Berita Terkait