DECEMBER 9, 2022
News

ASEAN University Games 2024: Tim Karate Indonesia Juara Umum

image
Sejumlah atlet dan ofisial tim Karate Indonesia foto bersama usai menjadi juara umum dalam ajang AUG 2024 di Gedung Bundar Unisma, Malang, Sabtu 6 Juli 2024. (ANTARA/HO-Tim media Indonesia AUG 2024)

SPORTYABC.COM-  Selain tim Indonesia juara umum ASEAN University Games 2024, tim Karate Indonesia pun mencatatkan hal yang sama.

Iya tim Karate Indonesia pun meraih juara umum dalam ASEAN University Games 2024 (AUG 2024) yang berlangsung di Gedung Bundar Universitas Islam Malang (Unisma)

Tim karate Indonesia yang bermaterikan atlet nasional ini seperti Ceyco Georgia Zefanya ini mendominasi dengan menguasai puncak klasemen akhir dengan torehan 10 medali emas, lima perak dan enam perunggu.

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Menurut Manajer Tim Karate Indonesia, Nelson Noak dalam keterangannya di Surabaya Minggu 7 Juli 2024 bersyukur atas rahuan Kontigen Indonesia yang bisa menjadi juara umum di ajang pekan olahraa mahasiswa se Asia Tenggara tersebut.

“Kami bersyukur bisa menjadi juara umum pada penyelenggaraan AUG 2024. Ini bisa terwujud karena komitmen Ketua PB Forki Bapak Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang telah melakukan pembinaan berjenjang di karate,” katanya.

Medali emas terakhir Tim Karate Indonesia didapat di nomor kumite beregu putri, yang mampu menang atas Thailand dengan skor 9-5.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar Sebut Ada Beberapa Contoh Pengadilan Berperan Signifikan dalam Pembentukan Hukum

Sedangkan peringkat kedua disusul Thailand dengan perolehan empat emas, delapan perak, dan satu perunggu. Sementara ranking ketiga ditempati Malaysia yang mendapatkan tiga emas, tiga perak, delapan perunggu.

Nelson menjelaskan, dalam ajang kompetisi olahraga multieven dua tahunan tersebut PB Forki menurunkan atlet terbaiknya yang telah mengikuti training camp (TC) selama dua minggu.

“Kami memang menurunkan atlet-atlet terbaik hasil kejurnas yang langsung mengikuti training camp selama dua minggu di LANUD Abdul Rachman Saleh guna mendapat aklimatisasi dan mengoptimalkan persiapan menuju AUG, sehingga dapat meraih hasil maksimal di sini," ujarnya.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Andi Muhammad Asrun: Putusan Bersifat Tafsir oleh MK Beri Jalan Keluar Atas Kevakuman Hukum

Sementara itu, karateka Indonesia Ceyco Geoegia mengaku bangga bisa mempersembahkan medali emas keduanya untuk Indonesia.

Sebelumnya, Ceyco juga berhasil mempersembahkan emas di kelas -68 kilogram putri.

“Saya sangat bersyukur sekali bisa kembali mengumandangkan Indonesia Raya di AUG 2024. Kami memang bertekad untuk tampil optimal, sehingga tadi juga kami sama-sama saling memotivasi satu sama lain untuk memberikan penutup sempurna bagi Indonesia di AUG 2024,” ujar Ceyco.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Berikut hasil medali emas Karate Indonesia:
Karate - Men’s Kata Individual an Ahmad Zigi Zaresta
Karate - Men’s +84kg an Daniel Hutapea
Karate - Women’s -68kg an Ceyco Georgia Zefanya
Karate - Women’s +68kg an Hera Irnandha
Karate - Men’s -84kg an Mohammad Faddish
Karate - Men’s -75kg an Muhammad Miguel Lionel Putro
Karate-Men’s Kata Team an Akhmad Raihan dkk
Karate-Women’s Kata Team an Amylia Putri dkk
Karate-Women’s Kumite -55kg an Fiftari Amelza
Karate-Women’s Kumite Team an Ceyco Georgia Zefanya dkk.
 

Sumber: Antara

Berita Terkait