DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Wasit yang Rugikan Timnas Indonesia Pimpin Laga Final

image
Wasit asal Prancis, Francois Letexier asal Prancis akan pimpin laga final Piala Eropa 2024 antara Spanyol melawan Inggris (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – UEFA telah merilis wasit yang akan memimpin final Piala Eropa 2024 antara Spanyol melawan Inggris yang ternyata benar merugikan Timnas Indonesia serta mengusir Shin Tae yong.

Iya dialah adalah Francois Letexier wasit asal Prancis yang akan memimpin laga final Piala Eropa 2024 antara Spanyol melawan Inggris yang akan berlangsung di Oympiastadion, Berlin pada 15 Juli 2024 pukul 02.00 WIB.

Francois Letexier sendiri akan dibantu dengan asisten wasit yang sepaket dengan dirnya berasal dari Prancis yaitu Cyrul Mugnier dan Mehdi Rahmouni sementara wasit keempat adalah Szymon Marciniak dari Polandia.

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Sosok Francois Letexier adalah sosok yang membuat publik Indonesia dibuat geram dan tidak akan lupa karena pernah membuat kontroversi ketika Timnas Indonesia U23 kalah 0-1 dari Guine pada playoff Olimpiade 2024 pada 9 Mei 2024 lalu

Dimana dalam laga yang berlangsung di INF ClaireFontaine, Prancis tersebut Francois Letexier berikan dua penalti kontroversi kepada Guine 

Kontroversi yang pertama ketika Francois Letexier hadiahkan penalti kepaada Guinea usai Witan Sulaeman melakukan pelanggaran kepada pemain Guinea yang sebenarnya terjadi di luar kotak penalti. Penalti yang dieksekusi oleh gelandang Guinea, Ilaix Moriba menjadi gol

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Sosok pria yang telah menjadi wasit FIFA sejak 2017 ini kembali berikan penalti kepada Guinea dimana Alfeandra Dewangga melakukan tekel yang mengenai bola ketika berebut dengan Algassime Bah namun padangan Francois Letexier berbeda.

Selain kontroversi, Francosi Letexier juga mengusir pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae yong dari pinggr lapangan karena melakukan protes akibat tidak puas dengan kinerja wasit.

Walau usai pertandingan tersebut Francois Letexier meminta maaf dan mengakui kesalahannya namun itu tidak semua mengubah keadaannya. ***
 

Sumber: UEFA

Berita Terkait