DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

image
Hong Myung bo, pelatih timnas Korea Selatan yang baru (x.com/KORFootballnews)

SPORTYABC.COM – Pecinta sepak bola Indonesia boleh bernafas lega karena Korea Selatan telah memiliki pelatih baru dan bukan Shin Tae yong sebagaimana yang beredar di media.

Adalah mantan pelatih dan Kapten Hong Myung bo akan memimpin kembali Timnas Korea Selatan.
Hal ini disampaikan oleh Federasi Sepak bola Korea Selatan atau KFA pada Minggu 7 Juli 2024

“Kami telah menunjuk Hong sebagai pelatih kepala tim nasional kami selanjutnya,” kata juru bicara KFA kepada AFP, tanpa memberikan detail mengenai kontrak Hong Myung bo

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Penunjukkan Hong Myung bo ini terjai lima bulan usai Jurgen Klinsman dipecat karena Korea Selatan secara mengejutkan tersingkir di semifinal Piala Asia 2023 pada Februari lalu.

Hong Myung bo menjadi pelatih timnas Korea Selatan sepuluh tahun lalui usai dirinya mengundurkan diri sebagai dampak dari tersingkirnya timnya di fase grup Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil.

Hong Myung bo dinilai sebagai salah satu tokoh sepak bola terbaik Korea Selatan, sebagai pemain bertahan dirinya merupakan kapten Korea selatan ketika mencapai semifinal Piala Dunia 2002 di negaranya sendiri.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Andi Muhammad Asrun: Putusan Bersifat Tafsir oleh MK Beri Jalan Keluar Atas Kevakuman Hukum

Bahkan Hong Myung bo merupakan pencetak gol penentuan dalam adu penalti kala Korea Selatan melawan Spanyol ddi perempat final Piala Dunia 2002

Jurgen Klinsman didepak dari kursi kepelatihan setelah satu tahun mengisi posisi tersebut menyusul kekalahan 0-2 ddari Jordania pada Piala Asia 2023.

Sebelum Jurgen Klinsmann dipecat, timnya sempat mengalami kisruh setelah kekalahan di semifinal itu, ketika Son Heung-min dan Lee Kang-in bersitegang. Perseteruan itu kemudian membuat Son mengalami cedera jari.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Kalahkan Portugal lewat Tos Tosan, Prancis Tantang Spanyol di Semifinal

Belakangan, Jurgen Klinsmann menyebut bahwa ia dan staf kepelatihannya bertanggung jawab atas perselisihan itu.

Incaran pertama KFA untuk menggantikan Klinsmann adalah mantan pelatih Leeds United Jesse March, tetapi ia kemudian memilih untuk berlabuh di timnas Kanada.

KFA juga dilaporkan sempat melakukan pembicaraan dengan pelatih timnas Irak, Jesus Casas, serta Senol Gunes, dan mantan pelatih timnas Arab Saudi Herve Renard.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Hong akan memimpin Korsel ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, yang akan diselenggarakan di AS, Kanada, dan Meksiko. ***
 

Sumber: Korea Footbal News, Antara

Berita Terkait