DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Sikat Inggris dengan Dramatis, Spanyol Sah Jadi Jawara Eropa

image
Ekspresi kegembiraan Luis de la Fuente dan anak asuhnya ketika memegang trophy Henri Delaunay, Spanyol juara Eropa untuk keempat kalinya usai kalahkan Inggris 2-1 di final (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga final Piala Eropa 2024 pertemukan antara Spanyol melawan Ingggris yang dimenangkan oleh Spanyol dengan skor 2-1.

Laga final Piala Eropa 2024 antara Spanyol mleawan Inggris berlangsung di Olympiastadion, Berlin Senin 15 Juli 2024 dinihari WIB

Spanyol langsung menekan lini pertahanan Inggris sejak wasit Francois Letexier dari Prancis membuka laga.

Baca Juga: Ngeri! Malut United Datangkan Bek Hasil Racikan Shin Tae yong

Namun hingga menit ke 20, tidak ada tendangan yang tepat sasaran yang diciptakan oleh kedua tim

Pada menit ke 27, tendangan ke gawang tercipta melalui Fabian Ruiz yang melakukan percobaan dari tepi kotak penalti namun masih dapat dibendung oleh Jordan Pickford.

Di penghujung babak pertama, pada menit ke 45+3, Inggris peroleh peluang yang sangat matang

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Lewat eksekusi tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Spanyol, Declan Rice lepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti Spanyol 

Umpan tersebut dihalau oleh Robin Le Normand dengan sundulan namun malah bola mengarah ke Phil Foden yang berada di tiang jauh.

Dari sudut semptit, penyerang Manchester City ini lepaskan tnedangan sembari menjatuhakn diri. Namun bola tendangannya masih mengarah ke pelukan Unai Simon

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Hingga wasit Francois Letexier meniupkan peluit tanda berakhinya babak pertama berakhi dengan kedudukan 0-0.

Lepas dari kamar ganti,  Spanyol langsung menggebrak dengan melakukan serangan cepat, dan berhasil pada menit ke 47 hasilkan gol pembuka

Adalah Nico Williams yang menjadi aktor di balik gol tersebut, berawal dari aksi luar biasa Lamine Yamal di sisi kanan pertahanan Inggris.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Usai menerima bola , Lamine Yamal melakuakn manuver ke tengah dekat kotak penalti Inggris,

Pergerankan pemain sayap asal klub Barcelona ini membuat fokus lini pertahanan Inggris terpecah sehinga berikan celah Niko Williams masuk ke dalam kotak penalti dari sisi kiri pertahanan Ingris.

Tanpa ampun, Nico Williams langsung lepaskan tendangan kaki kiri yang sukses mengoyak jala Jordan Pickford,  1-0 untuk Spanyol.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 2: Jafri Sastra Resmi Latih Sriwijaya FC

Menit ke 65, Lamien Yama nyris namanya dicatat di papan skor usai disodori umpan terobosan dari Dani Olmo pada kotak 16 pas.

Sayang, tendangan kaki kiri pemain 17 tahun ini masih mampu ditepis Jordan Pickford sehingga hasilkan sepak pojok bagi Spanyol.

Keasikan menyerang membuat lini pertahanan mereka lengah dan harus kebobolan padan menit ke 73 lewa seranan balik cepat yang oleh Ingris.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Dari sisi kanan pertahanan Spanyol, Bukayo Saka lepaskan umpan ke dalam kotak penalti, umpan tersebut disambut Jude Bellingham ddenan posisi membelakangi gawang Unai Simon dan berikan kepaad Cole Palmer yang berada di luar ktoak penalti.

Cole Palmer yang masuk pada menit ke 70 menyambutnya dengan tendangan kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Spanyol. 1-1 untuk Inggris.

Pada mneit ke 86, Spanyol kembali memimpin lewat gol Mikel Oyazabal usia manfaatkan umpan dari Marc Cucurella.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Mencuci Kaki Rakyat Kecil Indonesia

Tertinggal membuat Inggris terus mencari gol penyama kedudukan namun upaya tersebut tidak ada yang membuahkan gol

Hingga wasit Francois Letexier menipkan peluit tanda berakhirnya laga final Piala Eropa 2024 dan menjadikan Spanyol raja Eropa karena memiliki trofi Piala Eropa terbanyak yaitu 4 gelar. ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait