DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Dilantik Hari ini, Berikut Profil Thomas Djiwandono Sang Darah Biru Ekonom Indonesia

image
Thomas Dijwandono (Ketiga dari kiri) dalam sebuah kegiatan nasional (gerindra.id)

SPORYABC.COM – Politisi Partai Gerindra yang juga keponakan Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono akan dilantik Wakil Menteri Keuangan II.

Dunia ekonomi dan Tommy, sapaan akrab Thomas Djiwandono sangat akrab dan dekat, karena keponakan Prabowo Subinnton ini memiliki darah biru ekonom Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Partai Gerindra, Thomas Djiwandono lahir di Jakarta pada 7 Meni 1972.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura. 

Sedangkan ibunya Bianti adalah kakak kandung Prabowo Subianto pendiri Partai Gerindra.

Thomas DIjwandono juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46. Thomas sudah menikah dan dikaruniai tiga orang anak.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Thomas Muller Putuskan Pensiun dari TImnas Jerman

Dalam pendidikan, Thomas Djiwandono termasuk keluarga berpindidikan dan berada. Thomas sekolah di SMP Kanisius, Menteng, Jakarta. 

Sementara kuliahnya di luar negeri. Ia kuliah di bidang studi sejarah di Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Kariernya dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada tahun 1993 dan pada tahun 1994 di Indonesia Business Weekly. 

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Jens Raven Cetak Gol Debut, Timnas Indonesia Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Filipina

Selain itu, Thomas Djiwandono pun pernah berkerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong.

Pada tahun 2006, kariernya terus meningkat saat pamannya Hashim memintanya untuk membantu di Arsari Group dan ia menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agrobisnis.

Sementara di politik, ia terlibat dalam partai Gerindra, Thomas Djiwandono juga pernah menjadi Caleg di Provinsi Kalimantan Barat. Kini dia menjadi Bendahara Umum Partai Gerindra. Ia pengendali kekuangan partai bentukan pamannya, Prabowo Subianto.

Baca Juga: Kim Pan Gon Diduga Langgar Kontrak, Biaya Kompensasi Rp10 Miliar

Selama Pilpres 2014, mengusung pasangan Prabowo-Hatta, peran Thomas Djiwandono sangat penting bagi Koalisi Merah-Putih (KMP) untuk kebutuhan logistik. Tommy sangat serius dan selalu mencatat aktivitas keuangan partai dengan sangat rapi.

Berkat Kinerja Thomas Djiwandono yang sangat baik tersebut, Partai Gerindra dapat berbangga diri dengan mendapatkan peringkat terbaik sebagai Partai Politik dengan laporan keuangan yang paling transparan.

Partai Gerindra juga mendapatkan penghargaan dari Transparency International Indonesia dan Indonesia Corruption Watch.

Baca Juga: Joe Biden Positif Covid19 Ketika Kampanye di Las Vegas

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo akan melantik tiga wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Kamis 18 Juli 2024, Ketiga posisi yang akan dilantik Jokowi adalah Wakil Menteri Keuangan (penambahan), Wakil Menteri Investasi (pengangkatan), dan Wakil Menteri Pertanian (pergantian). ***

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait