DECEMBER 9, 2022
News

Kemlu dan Istana Siapkan Sejumlah Isu yang Akan Dibahas Joko Widodo dan Paus Fransiskus

image
Penjelasan Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto mengenai perihal kedatangan Sri Paduka Paus Fransiskus ke Indonesia (Youtube/@SekretariatPresiden)

SPORTYABC.COM – Jelang kedatangan Sri Paduka Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024 sejumlah persiapan tengah dibenahi salah satunya pembahasa isu yang menjadi bahan perbincangan antara Presiden Joko Widido dengan Sri Paduka Paus Fransiskus.

Menurut Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto bahwa saat ini pihak Istana Kepresidenan bersama Kementerian Luar Negeri dan pihak Vatikan masih mempersiapkan isu yang menjadi pembahasan ketika Presiden Joko Widodo dan Sri Paduka Paus Fransiskus pada 4 September 2024.

"Tentunya apa yang akan dibicarakan itu kan masih terus digodok ya, baik itu oleh pihak Vatikan maupun nanti dengan pihak Istana Kepresidenan dan juga Kemenlu apa saja yang nantinya akan dibahas," ujar Andy Rachmianto dalam keterangannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 26 Agustus 2024

Baca Juga: Paus Fransiskus Lawatan ke Indonesia, Laga FIFA Match Day September Pindah ke Surabaya

"Yang saya akan sampaikan ke sini, yang saya garisbawahi adalah beliau berkunjung sebagai tamu negara dan juga pemimpin umat," tegasnya.

Sehingga dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Sri Paduka Paus Fransiskus juga melibatkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Andy Rachmianto jug menjelaskan bahwa kehadiran Sri Paduka Paus Fransiskus ke Indonesia akan disambut kenegaraan seperti layaknya tamu negara.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Mencuci Kaki Rakyat Kecil Indonesia

"Jadi seperti tata akan menerima kedatangan atau kunjungan kenegaraan Yang Mulia Paus Fransiskus beliau tentunya akan kita perlakukan sebagai tamu negara sekaligus juga sebagai pemimpin umat khususnya umat Katolik," tuturnya. 

Sri Paduka Paus Fransiskus rencananya akan tiba di Jakarta pada 3 September 2024, lalu pada 4 Sepember 2024 akan diadakan upacara resmi penyambutan Sri Paduka Paus Frnasiskus di Istana Merdeka, Jakarta.

Di hari yang sama akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo sekaligus menyampaikan pidato, kemudian pada 5 September 2024, Paus ke 266 ini akan memimpin Misa Agung di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Di Balik Paus Mencuci Kaki Rakyat Indonesia dan Kisah Ketidakadilan

"Ada beberapa kegiatan lain yang akan melibatkan Paus Fransiskus akan ada acara di Masjid Istiqlal dengan Imam Besar Masjid Istiqlal akan juga ada acara di Gedung Katedral," tambah Andy Rachmianto.

Sebagai informasi, Sri Paduka Paus Fransiskus akan memulai perjalanan Apostoliknya ke kawasan Asia Pasifik pada 3 Setpember 2024 mendatang,

Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Sri Paduka Paus Fransiskus yaitu pada 3 hingga 6 September 2024.

Baca Juga: Fungsi SATUPENA: Melayani Anggota

Usai dari Indonesia, pemimpin Gereja Katolik Dunia ini akan mengunjungi Papua Nugini yaiatu di Port Moresby dan Vanimo pada 6 hingga 9 September 2024.

Dan terakhir ke Timor Leste di Dili pada 9-11 September 2024 dan Singapura pada 11-13 September 2024.

Perjalanan ke Asia Pasifik tersebut menjadi perjalanan apostolik ke luar ngeri ke 43 bagi Paus yang memiliki nama lahir Jorge Mario Bergoglio tersebut. ***

Sumber: Youtube Setpres RI

Berita Terkait