DECEMBER 9, 2022
Internasional

WNI Tewas Dibunuh Suaminya WNA di Albania

image
Ilustrasi (nu.or.id)

SPORTYABC.COM – Seorang WNI bernama Indah Lilis Sartika Saragih meninggal dunia di Kota Tirana, Albania akibat dibunuh suaminya yang berwarga negara Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha dalam keterangannya pada hari ini Selasa 10 September 2024.

"Almarhumah meninggal karena dibunuh suaminya, WN Amerika Serikat. Suaminya tersebut kemudian bunuh diri," ujar Judha Nugraha dalam keterangannya, Selasa (10/9/2024). 

Baca Juga: Kerusuhan Bangladesh, Kemlu Pastikan WNI Aman dan Selamat

Judha Nugraha katakan bahwa KBRI Sofia telah berkoordinasi dengan otoritas Albania untuk proses penyelidikan dan penanganan jenazah korban.

Kasus kematian WNI yang dibunuh suaminya sendiri yang merupakan warga asing seperti yang dialami Indah Lilis Sartika Saragih ini bukan yang pertama kalinya di tahun ini.

Para pertengah bulan Juli 2024 seorang Warga Indonesia berinisial YCH (34) tewas di tangan suaminya yang berkewarganegaraan asing di Frankfurt, Jerman.

Baca Juga: Kemlu dan Istana Siapkan Sejumlah Isu yang Akan Dibahas Joko Widodo dan Paus Fransiskus

"Media lokal setempat telah memberitakan peristiwa pembunuhan YCH oleh suaminya yang berkewarganegaraan asing. Diberitakan pula bahwa suami YCH selanjutnya melakukan bunuh diri," kata Judha dalam keterangan tertulis, Senin 15 Juli 2024 lalu.

Judha Nugraha juga jelaskan bahwa Konsulat Jenderal RI (KJRI) Frankfurt juga telah menerima informasi dari kepolisian Fürstenfeldbruck, Bayern terkait kematian YCH. 

YCH ditemukan meninggal pada 9 Juli 2024. Polisi setempat pastikan YCH merupakan korban pembunuhan dan telah dilakukan otopsi. ***
 

Sumber: Kemlu RI

Berita Terkait