DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Bangka Belitung, Tim Sepak bola Putri Papua Pegunungan Raih Medali Perunggu

image
Selebrasi hormat dengan sediktt haru Ruslin Aspalek usai mencetak gol ke gawang Bangka Belitung, dalam laga ini Papua Pegunungan menang 1-0 atas Bangka Belitung dalam sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 (PB PON XXI Sumut/ Mafa Yuli Ramadhani - PON2024.id)

SPORTYABC.COM – Tim sepak bola putri Papua Pegunungan catatkan sejarah dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024 berhasil menyabet medali perunggu untuk pertama kalinya.

Tim sepak bola putri Papua Pegunungan berhasil meraih medali perunggu PON XXI Aceh-Sumut 2024 usai kandaskan Bangka Belitung dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sabtu 14 September 2024 siang WIB.

Satu satunya gol dalam laga ini dicatatkan oleh Rulin Aspalek di menit ke 76, dengan gol tersebut mengantarkan Papua Pegunungan catatkan sejarah bila melihat kepesertaan mereka sebagai debutan baru di PON XXI Aceh-Sumut 2024 kali ini.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Lifter Nurul Akmal Jadi Penyulut Api pada Pembukaan

Menurut pelatih tim Papua Pegunungan mengatakan bahwa pihaknya mengucap syukur karena di akhir pertandingan Tuhan kasih bonus walaupun target dari Papua Pegunungan adalah masuk semifinal.

"Kami mengucup syukur pada Tuhan karena di akhir pertandingan Tuhan kasih bonus. Walaupun sebenarnya target kami masuk semifinal, Puji Tuhan kami hari ini naik podium di peringkat ketiga," kata Priagung Dani Atmojo, pelatih Papua Pegunungan.

"Kami tim yang baru pertama ikut PON karena provinsi baru. Saya berterima kasih kepada KONI dan Asprov yang mendukung kami. Kepada suporter Papua Pegunungan juga, terima kasih selalu mendukung pemain kami. Ini luar biasa buat kami," imbuhnya.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: 8 Tim Lolos ke Perempat Final Sepak Bola

Sebagai informasi, Papua Pegunungan sendiri merupakan provinsi baru yang dimekarkan dari Papua pada 2022. 

Sementara  Priagung Dani Atmojo adalah pelatih yang membawa tim sepak bola putri Papua meraih emas di PON XX 2021. Sebagian pemain Papua Pegunungan juga pernah membela Papua.

Secara permainan, para pemain Papua Pegunungan bermain agresif dengan menciptakan banyak peluang emas. Kemenangan ini terbayarkan dengan perjuangan keras mereka.

Baca Juga: Pilkada DKI Jakarta 2024: KPU Tetapkan 3 Pasangan Cagub-Cawagub Lolos Syarat Administrasi

"Situasi pertandingan tadi, kami memang banyak peluang. Anak-anak belum belum fokus menciptakan gol. Tapi, kemenangan ini membuat kami mempersembahkan satu medali untuk Papua Pegunungan," ucap Priagung.

Sementara itu, Bangka Belitung mampu memberikan perlawanan sengit. Sayangnya, banyak upaya serangan mereka yang mampu dipatahkan oleh Papua Pegunungan.

"Kami sebenarnya ingin unggul dulu, tapi kenyataannya berbeda. Nampaknya anak-anak tidak siap. Saya ucapkan selamat untuk Papua Pegunungan yang merupakan salah satu tim terbaik di Indonesia," ujar Fila Hadianto, asisten pelatih Bangka Belitung.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kapten Tim Sepakbola Sumut yang Dikeroyok Adalah Anggota Polri

Dari cabang sepak bola putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 tersisa DKI Jakarta dijadwalkan bersua dengan Jawa Barat dalam partai final alias perebutan emad di stadion yang sama, Sabtu sore. ***
 

Sumber: PON2024.id

Berita Terkait