DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Papua Pegunungan, Kalimantan Selatan Tatap Semifinal

image
Laga antara Kalimantan Selatan melawan Papua Pegunungan yang berakhir dengan kemenangan untuk Kalimantan Selatan (MC PON Aceh/M Fadhil)

SPORTYABC.COM – Tim sepak bola Kalimantan Selatan melaju ke babak semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024 usai kalahkan Papua Pegununan dengan skor 5-4 lewat adu penalti.

Laga sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Kalimantan Selatan melawan Papua Pegunungan berlangsung di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Jumat 13 September 2024.

Laga antara Kalimantan Selatan melawan Papua Pegunungan berlangsung sengit dengan saling jual beli serangan sejak menit awal.

Baca Juga: PON XXI Aceh Sumut 2024 Berikan Dampak ke Masyarakat Aceh Timur

Kalimantan Selatan andalkan Baharudin, Erid Adinka Tanjung, dan Muhammad Said di barisan depan secara bergantian mengancam gawang Papua Pegunungan. Namun, tembakan yang dilakukan tidak tepat sasaran.

Sementara itu, Papua Pegunungan melalui striker Desman Wakerkwa juga sempat beberapa kali mengancam pertahanan lawan, namun gagal dikonversi menjadi gol.

Stadion H Dimurthala akhirnya bergemuruh pada menit ke-14 setelah pemain Kalimantan Selatan, Muhammad Said, mengubah papan skor menjadi 1-0 lewat gol yang dicetaknya. 

Baca Juga: PON XXI Aceh – Sumut 2024: Menang Tipis, Tim Futsal Kalimantan Timur Raih Medali Emas

Said mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Muhammad Rizky Ramadani dari sisi kanan. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Lepas dari kamar ganti, baik pemain Kalimantan Selatan  maupun Papua Pegunungan masih mempertahankan tensi permainan. Meskipun sudah unggul, Kaliamntan Selatan tetap bermain menyerang.

Sementara Papua Pegunungan yang tertinggal satu gol terus menerus menggempur pertahanan lawan. Tim asuhan mantan legenda timnas Indonesia, Aples Gidion Tecuari ini akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-59 melalui sontekan Bahari Kurniawan. Hingga waktu normal selesai, tak ada lagi gol yang tercipta.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Lifter Nurul Akmal Jadi Penyulut Api pada Pembukaan

Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak extra time selama dua kali 15 menit. Di babak ini, skor juga tidak berubah, sehingga pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti yang berakhir untuk kemenangan Kalimantan Selatan dengan skor 5-4

Dengan kemenangan ini, Kalimantan Selatan melaju ke babak semifinal sepakbola PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan berhadapan pemenang antara Jawa Timur melawan NTT yang baru main pada pukul 20.15 WIB. ***
 

Sumber: PON2024.id

Berita Terkait