DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Drama Injury Time, Kroasia Melawan Albania Tanpa Pemenang

image
Selebrasi Andrej Kramaric usai mencetak gol ke gawang Albania dalam ajang Piala Eropa 2024 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga kedua Grup B Piala Eropa 2024 hadirkan Kroasia melawan Albania yang berakhir tanpa pemenan alias imbang 2-2`.

Laga kedua Grup B Piala Eropa 2024 antara Kroasia melawan Albania berlansgsung di Stadoon Volkspark, Kota Hamburg, Rabu 19 Juni 2024 malam WIB.

Kroasia langsung menekan lini pertahanan Albania sejak wasit Fracois Letexier dari Prancis membuka laga.
Tim Kroasia yang tengah mencari kemenangan usai kalah 0-3 dari Spanyol pada laga perdana harus dikejutkan  dengan gol dari Albania.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Timnya Kalah, Tedesco Tidak Ingin Salahkan Wasit dan Pemain

Laga baru berjalan 11 menit ketika Jasir Asani menguasia bola  di sisi kanan lapangan dimana tidak terkawal namun posisnya saat itu terjauh dari kotak penalti Kroasia.

Asani pun melakukan perjudian dengan kirimkan umpan lambung ke depan gawan Dominik Livakovic
Qazim Laci pun berlari dari depan kotak penalti hingga merangsek ke dekat gawang Dominik Livakovic,

Laci pun berlari tinggalkan dua pemain bertahan Kroasia untuk menyambar bola kiriman Asani.
Sundulan dari Qazim Laci pada mnenit ke 11 berhasil masuk usai Livakovic kalah cepat dalam bereaksi 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Eropa: Como 1907 dan AS Roma Sepakat untuk Andrea Belotti

Namun keunggulan Albania tidak bertahan lama karena pada menit ke 26, timnas Kroasia peroleh kesempatan untuk membalaskan gol dari Laci tersebut.

Lovro Majer krimkan umpan lambung ke kotak penalti Albania dari sisi kiri lapangan, bola dadri Majer pun berhasil disundul oleh Bruno Petkovic namun usaha Kroasia kali ini masih melambung.

Lemah dalam penyelesaian akhir, Kroasia juga gaal dalam menerapkan pertahanan rapat karena banyaknya ruang kosong yang dimanfaatkan oleh Jasir Asani yang mampu menembusnya dari lini tengah.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Eropa: Marco Rose Bersama RB Leipzig Hingga 2026

Bola sempat direbut oleh Marcelo Brozovic namun bola justru mengalir kea rah Kristtjan Aslani,
Asllani tinggal berhadapan dengan Livakovic namun sang penjaga gawang Kroasia mampu menepisnya dengan sempurna.

Hingga waktu tambahan berakhir dan wasit Francois Letexier dari Prancis menutup laga babak pertama dengan keunggulan Albania atas Kroasia.

Lepas dari kamar ganti, Kroasia kembali tingkatkan intensitas penyerangan dan lebih bermai agresif.
Luka Sucic yang masuk gantikan Lovro Majer dapatkan kesempatan emas pada menit ke 50, dengan lepaskan tendangan kaki kiri yang mengarakah ke gawang namun Thomas Strakosha mampu bereaksi cepat untuk meyelamatkan gawangnya.

Thomas Strakosha kembali jadi penyelamat negaranya usai tendangan Mateo Kovacic di menit ke 53 sempat mengenai kaki pemain belakang Albinia,

Secara permainan Kroasia sudah menunjukkan perbaikan yang signifikan pada babak kedua hanya tinggal menunggu penyeelsaian akhir yang lebih pas lagi

Korasia baru mendapatkan golnya pada menit ke 74, berawal dari menerima bola di depan kotak penalti Albania, Ante Budimir teruskan lewat umpan pelan ke Andrej Kamaric

Andrej Kramaric berhenti sebentar dan berhasil mengecoh pemain bertahan Albania, karena memiliki sudut yang lebih baik untuk tendangkan bola dan tendangannya dari kotak penalti berhasil taklukkan Thomas Strakosha.

Gol dari Kramaric menjai insipirasi bagi Tim asuhan Zlatko Dalic ini untuk semakin menyerang dan berhasil skor pun berubah pada menit ke 76 kembali lagi berkat kerja sama Kramaric dan Ante Budimir.

Kramaric kali ini kirimkan umpan ke Budimir di depan kotak penalti Albania, tendangan Budimir cukup rendah, namun bola bergulir cepat dan masuk ke gawang Albinia. Dimana bola terakhir mengenai Klaus Gjasula sehingga tercatat gol bunuh diri sang gelandang.

Berbalik unggul membuat Kroasia tetap mencari gol ketiga dan Luka Modric berusaha lepaskan tendangan dari tepi kotak penalti pada menit ke 88
Namun usaha Modric masih melebar dari gawang Albania membuat skor tidak berubah tetap 2-1 untuk Kroasia

Drama pun belum beakhir dan Klaus Gjasula pun mampu membayar dosanya dengan lunas pada injuri time,
Lini balakang Kroasia yang sudah solid ketika Albania melakukan serangan balik, namun yang terjadi Gjasula tidak terkawal dan berhasil teruskan bola menjadi gol yang mampu taklukkan Livakovic pada 90+5

Hingga tambahan waktu berakhir dan wasit Francois Letexier dari Prancis meniupkan peluit tanda berakhir laga dengan kedudukan imbang 2-2.

Dengan hasil ini, Kroasia berada di dasar klasemen Grup B Piala Eropa dengan nilai 1 sementara Albania berada di peringkat 3 dengan nulai yang sama yaitu 1.

Di laga Akhir, Kroasia harus jalani partai hidup mati untuk menentukan langkah mereka di Piala Eropa 2024 melawan Italia pada 25 Juni pukul 02.00 WIB, waktu dan hari yang sama juga akan dilakoni oleh Spanyol yang akan meladeni permainan Albania.

Sumber : UEFA.com  ***

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait