DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Gol Cepat Demiral Pulangkan Austria untuk Tantang Belanda

image
Mert Gunok selamtkan gawangnya dari sundulan Christoph Baumgartner di menit akhir, Turki lolos ke perempat final Piala Eropa 2024 usai kalahkan Austria dengan skor 1-2 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga 16 besar Piala Eropa 2024 pertemukan Austria melawan Turki yang berakhir dengan kemenangan Turki dengan skor 1-2.

Laga 16 besar Piala Eropa 2024 antara Austria melawan Turki berlangsung di Leipzig Stadium, Leipzig Rabu 3 Juli 2024

Turki langsung menekan lini pertahanan Austria begitu wasit Artur Soares Dias dari Portugal membuka laga.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Turki pun membuka gol dalam hitungan detik ke 50, berawal dari sepak pojok awalnya bisa diselamatkan oleh Patrick Pentz dan Christoph Baumgartner

Namun sapuan keduanya masih belum sempurna dan bola hanya bergulir di dekat gawang, Merih Demiral tidak sia siakan kesempata kala bola hampiri kakinya.

Dari jarak dekat, Merih Demiran mampu teruskan bola muntah untuk keunggulan awal tim dan menjadikan gol.
Tertinggal gol cepat dari Turki membuat Austria bersemangat dalam mencari gol, rasa bersalah Christoph Baumgartner atas gol Demiral pun ingin menebus dosa.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Baumgartner berhasil merangsek ke lini pertahanan Timnas Turki pada menit ke 3, sayang tendangannya masih terlalu lemah dan hanya melebar dari gawang Mert Gunok

Pada menit ke 5, Austria kembali mencoba membalas lewat tendangan sepak pojok Romano Schmid yang cukup rendah.

Bola gagal diterima oleh rekan setimnya namun berhasil mendekati gawang Mert Gunok, Demiral hadir sebagai pahlawan dengan menyapu bersih bola untuk gagalkan lawannya.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Sebelum wasit Artur Soares Dias dari Portugal menutup babak pertama, Christoph Baumgartner gagal cetak gol usai menerima umpan dari Marcel Sabitzer.

Lepas dari kamar ganti, Austria lebih dulu mendapatkan peluang dalam mencetak gol, Marko Arnautovic berpeluang membawa timnya samai kedudukan pada menit ke 51.

Namun tendangan jarak dekatnya masih dapat di selamatkan di Mert Gunok, sebelum mendapatkan peluang emas lagi Turki kembali menambah gol pada menit ke 59.

Baca Juga: Denny JA Terbitkan Buku: Dengan Science, Memenangkan Pilpres 2024, Transkrip 100 Video Ekspresi Data

Situasi bola mati, benar dimanfaatkan sebaik baiknya oleh tim asuhan Vincenzo Montella kembali lagi Merih Demiral kembali perlihatkan lengahnya lini belakang Austria

Demiral pun melompat paling tinggi untuk sambarkan sepak pojok timnya, mantan bek Juventus ini sempat mengenai Pundak Partick Pentz sebelum akhirnya masuk secara sempurna ke dalam gawang.

Gol Demiral ini pun disambut dengan selebrasi di pinggir lapangan oleh sang pelatih Vincenzo Montella .

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Tertinggal Lebih Dulu, Thailand Melaju ke Final

Austria masih ada harapan dalam mencari gol dan manfaatkan situasi sepak pojok seperti Turki untuk mencari gol balasan.

Bola sepak pojok Austria pada menit ke 66 yang disundul oleh Stefan Posch namun masih terlalu jauh untuk langsung menembus gawang Gunok namun Michael Gregoritsch mampu membaca arah bola dengan tepat.

Hasil sundulan Posch mental di atas tanah, Gregoritsch menyambar untuk memperkecil ketertinggalan
Mendekati akhir laga, Austraia mengerahkan segala kekuatan untuk menyerang diman Turki membalasnya dengan bertahan total membuat lawan kesulitan mencari gol tambahan.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Drama 8 Gol, Indonesia Gagal Melaju ke Final

Namun serangan balik Turki tidak kalah berbahaya dan Baris Yilmaz sempat tinggal sau lawan satu dengan Patrick Pentz pada injury time.

Pentz mampu tepis bola tendangan Baris dengan sangat sempurna, namun tidak berselang lama, Mert Gunok lakukan penyelataman gemilan guna menepis sundulan Christoph Baumgartner dari jarak dekat.

Penyelamatan Gunok pun berujung sepak pojok namun gagal dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Austria.
Hingga wasit Artur Soares Dias dari Portugal meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dan Turki menjadi tim terakhir yang meraih tiket perempat final

Baca Juga: Copa America 2024: Uruguay Sukses Hentikan Langkah Amerika Serikat Menuju 8 Besar

Di perempat final Turki akan ditunggul oleh Belanda  yang akan bertarung pada Minggu 7 Juli 2024 pukul 02.00 WIB ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait