DECEMBER 9, 2022
Football

Bursa Transfer Liga 1: 12 Tahun Merantau, Fachruddin Aryanto Kembali ke Pelukan Mantan Klub

image
Mantan Kapten Madura United, Fachruddin Aryanto kembali ke klub pertamanya, PSS Sleman usai 12 tahun merantau (PSSleman.id)

SPORTYABC.COM – Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 pada Agustus mendatang membuat sejumlah klub melakukan perombakan salah satunya adalah PSS Sleman.

PSS Sleman umumkan rekrutan baru jelang bergulirnya Liga 1 yaitu kapten timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto yang memilih pulang ke Stadion Maguwoharjo usai 12 tahun merantu,

Sebagaimana dilansir dari laman resmi PSS Sleman, pemain dengan posisi bek tengah ini mengibaratkan kembalinya dia ke Laskar Sembada julukan PSS Sleman seperti halnya seorang anak pergi merantau kemudian kembali ke rumah yang telah membesarkannya.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

“Kembali ke PSS Sleman seperti pulang ke rumah yang sudah lama saya tinggalkan. Harapan kembalinya saya di PSS bisa membawa kembali tim kebanggaan masyarakat Sleman berada di klasemen yang lebih baik,” ungkapnya

Alasan dibalik kembalinya Fachruddin Aryanto ke PSS Sleman adalah janji yang pernah terucap ketika meninggalkan Sleman untuk merantau agar bisa kembali merumput bersama klub kebanggaan warga Sleman.    

“Alasan memutuskan saya kembali ke sini adalah untuk menunaikan janji kepada diri sendiri saat pertama meninggalkan klub ini, suatu saat saya ingin kembali lagi di PSS.” 

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

“Alhamdulillah ada tawaran bermain di PSS, tanpa berpikir panjang saya memenuhi janji saya kembali lagi di PSS,” tuturnya dengan rasa emosional mendalam.

Lahir di Klaten, beberapa puluh kilometer dari Kabupaten Sleman, pada tanggal 19 Februari 1989, Fachrudin bergabung dengan PSS Sleman pada usia 19 tahun. Kebersamaannya bersama PSS Sleman dimulai tahun 2008.

“PSS Sleman adalah klub profesional pertama saya di sepak bola. Menurut saya, itulah momen terbesar bersama PSS Sleman menggeluti sepak bola profesional,” katanya.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Pesan Erick Thohir kepada Pemain Timnas Indonesia U16

Selama empat musim di PSS, dirinya mendapatkan polesan dari beberapa pelatih salah satunya Coach Widiantoro. 

Fachruddin mengalami perkembangan pesat dari permainannya yang membuatnya mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

“Kemudian di musim terakhir di PSS Sleman, saya mendapatkan panggilan pertama Timnas Indonesia. Itulah momen terbaik saya di PSS Sleman,” ungkapnya.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Perjalanan panjangnya di sepak bola profesional telah membawanya bermain untuk beberapa klub sepak bola. 

Hal tersebut tidak membuatnya kehilangan sikap rendah hatinya untuk beradaptasi serta mempelajarai tantangannya di lingkungan PSS Sleman.

“Tantangan di PSS itu pasti ada karena saya menjadi orang baru lagi di sini. Saya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru di tim. Kemudian beradaptasi dengan apa yang diminta dari pelatih,” ucapnya.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sama Seperti Menyanyi, untuk Menyentuh Pembaca, Menulis Harus Berangkat dari Hati

Pemain yang lekat dengan posisi kapten diberbagai tim klub maupun Timnas Indonesia menyatakan tekanan di PSS Sleman pasti ada. Menurutnya tekanan dari PSS Fans adalah jalur bagi PSS Sleman ke papan atas.

“Tekanan itu pasti ada karena PSS memiliki suporter dengan gairah serta antusiasme tinggi dalam mendukung PSS. Insya Allah, bersama tim baru ini kita bisa mencapai bersama apa yang ditarget manajemen dan PSS Fans. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan,” terangnya.

“Mengenai target pribadi saya di PSS Sleman, tentunya membawa ke jalur juara. Syukur-syukur bila Allah SWT mengijabahi diberikan juara. Aamiin,” pungkasnya. ***
 

Sumber: PSS Sleman

Berita Terkait