DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Bek Manchester City Bantu Inggris Tatap Semifinal

image
Para pemain Inggris bersorak ketika tendangan Trent Alexander Arnold masuk dan menjadikan Inggris pemenang dalam adu penalti melawan Swiss di perempat final Piala Eropa 2024 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – laga perempat final Piala Eropa 2024 pertemukan antara Inggris melawan Swiss yang dimenangkan oleh Inggris dengan sko 5-3 lewat adu penalti.

Laga perempat final Piala Eropa 2024 antara Inggris melawan Swiss berlangsung di Dusseldorf Arena, Dusselsdorf, Minggu 7 Juli 2024.

Inggris langsung meenkan lini pertahanan Swiss sejak wasit Daniele Orstao dari Italia membuka laga.

Baca Juga: GP Barcelona 2024 : Lewis Hamilton Sangat Percaya Diri Sambut Kualifikasi

Timnas Inggris memiliki peluang pada menit ke 45 di depan gawang Swiss, adalah Bukayo Saka yang melakukan tusukan dari sisi kiri pertahanan Swiss kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti.

Umpan dari Saka ini dimsebu oleh Kobbie Mainoo dengan tendangan kaki kanan dari jarak dekat. Namun sayang, lesakan Mainoo masih mampu diblok Granit Xhaka dan hanya hasilkan sepak pojok.

Hingga peluit dari wasit Daniele Orstao asal Italia berbunyi, tidak ada gol yang tercipta dan skor sama kuat 0-0 tetap tidak berubah.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Lepas dari kamar ganti, laga pun masih berjalan dengan tempo yang sama dan Inggris mash mendominasi penguasaan bola.

Walau terus menggempur pertahanan Swiss, Trent Alexander Arnold Cs nyatanya masih belum mampu juga menyentuh gawan Yann Sommer.

Keasikan menyerang membuat gawang Jordan PickFord terkoyak pada menit ke 75 usai penyerang Swiss, Breel Embolo sukses catatkan namanya.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Manfaatkan kesalahan John Stone yang berupaya antisipasi umpan silang dari Dan Ndoye, Embolo sukses lepas dari pengawalan Kyle Walker.

Embolo kemudian hanya melakukan tap in untuk mendorong bola masuk ke gawang Jordan Pickford. Swiss pun unggul 0-1 atas Inggris di pertengahan babak kedua,

Namun tidak butuh lama bagi Inggris untuk menyamakan kedudukan atas Swiss, lima menit usai gol Breel Embolo, Bukayo Saka membuat asa Inggris untuk lolos ke babak semifinal kembali terbuka.

Baca Juga: Denny JA Terbitkan Buku: Dengan Science, Memenangkan Pilpres 2024, Transkrip 100 Video Ekspresi Data

Usai menerima umpan dari Declan Rice, Saka kemudian melakukan cut in dan lepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Tendanan winger asal Arsenal ini mengarah ke tiang jauh dan berhasil membuat Yann Sommer terdiam karena gawangnya harus kebobola.

Gol dari Saka ini menjaidkan laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu karena hingga peluit panjang berbunyi tidak ada gol lagi yang tercipta dari kedua tim.

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Pada babak perpanjangan waktu, kedua kubu terus berusaha untuk mencetak gol kemenangan demi melanjutkan ke babak selanjutnya.

Namun tiada berujung gol tercipta membuat pertandingan berakhir dengan tos tosan atau adu penalti.

Di adu penalti, petakan langsung menghampiri penendang pertama Swiss yaitu Manuel Akanji,

Baca Juga: Copa America 2024: Messi Gagal Penalti, Argentina Melaju ke Semifinal

Tendangan Akanji ke sisi kiri gawang Inggris terbaca oleh Jordan Pickfordd dengan tepisan yang sangat baik.
Kegagalan bek Manchester City ini membuat Swiss harus menguburkan mimpinya karena seluruh penendang Inggris yaitu Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney dan Trent Alexander Arnold yang menjadi eksekutor terakhir mampu jalankan tugasnya dengan sangat baik.

Dengan kemenangan ini membuat Inggris melaju ke babak semifinal dan menatang pemenang antara Belanda melawan Turki.

Partai semifinal sendiri akan berlangsung pada Kamis 11 Juli 2024 pukul 02.00 WIB ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait