DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Kalahkan Portugal lewat Tos Tosan, Prancis Tantang Spanyol di Semifinal

image
Ekspresi kegembiraan Kylian Mbappe usai tendangan Theo Hernandez masuk ke gawang Diogo Costa dan pastikan satu tempat di semifinal Piala Eropa 2024 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga perempat final Piala Eropa 2024 pertemukan Portugal melawan Prancis yang dimenangkan Prancis dengan skor 3-5 lewat babak adu penalti.

Laga perempat final Piala Eropa 2024 antara Portugal melawan Prancis berlangsung Volkspark Stadion, Hamburg, Sabtu 6 Juli 2024.

Portugal langsung menekan lini pertahanan Prancis ketika wasit Michael Oliver dari Inggris membuka laga.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Prancis lebih dulu mendapatkan peluang matang pada menit ke 20 lewat tendanan keras Theo Hernandez dari luar kotak penalti.

Beruntung bagi Portugal, Diogo Costa masih mampu amankan gawangnya dengan menepis lesakan kaki kiri Theo.

Sementara itu, Portugal terus berupaya bahayakan gawan Mike Maignan namun pertahanan yang cukup solid membuat Portugal gagal menembusnya.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

Portugal dapatkan peluang matang di menit ke 42 lewat tendangan bebas Bruno Fernandes namun tidak dimanfaatkan denan baik hanya melambun di atas gawang Mike Maignan.

Hingga wasit Michael Oliver meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama kedudukan 0-0 tidak berubah.

Lepas dari kamar ganti, Portugal dan Prancis terus bermain terbuka dalam mencair gol pertama mereka.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Tim asuhan Didier Deschamps ini dapatkan peluang lebih dulu pada menit ke 50 lewat tendangan keras Kylian Mbappe.

Portugal kembali diberi keberuntunan, dimana lesakkan kaki kanan Mbappe masih mampu ditankap dengan baik oleh Diogo Costa.

Di menit ke 61, Portugal mendapatkan peluang apik untuk mencetak gol, kali ini giliran Bruno Fernandes dapatkan momen berhadapan satu lawan satu dengan Mike Maignan usai menerima umpan dari Joao Cancelo.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Prancis beruntung memiliki Maignan yang mampu tepis tendangan kaki kanan  jarak dekat yang dilepaskan oleh Bruno

Maignan kembali lakukan penyelamatan gemilang dua menit kemudian dengan menepis tendangan Vitinha.

Peluang demi peluang terus diciptakan di babak kedua baik Portugal maupun Prancis namun selalu gagal dalam penyelesaian akhir,

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Hingga wasit Michael Oliver meniupkan peluit tanda berakhirnya babak dua dalam kedaaan 0-0 maka dilanjutkan dengan babak tambahan.

Pada babak perpanjangan waktu, di menit ke 93, Cristiano Ronaldo mendapatkan peluan emas di depan gawang Prancis usai menerima umpan dari Francesco Conceicao.

Hanya tinggal melakukan tendanan tap in ke gawang Mike Maignan bukannya mengarah ke gawang, tendangan Ronaldo malah terbang jauh ke atas tiang gawang

Baca Juga: Copa America 2024: Brasil Melawan Kolombia Tuntas Tanpa Pemenang

Peluang yang ada disia siakan oleh para pemain Prancis dan Portugal hingga babak perpanjangan waktu berakhir dan tidak ada gol yang tercipta membuat wasit Michael Oliver dari Inggris melajutkan ke babak tos tosan atau adu penalti.

Ketika babak tos tosan atau penalti, petaka menghampiri Portugal ketika Joao Felix jalankan tugasnya sebagai eksekutor ketiga.

Tendangan kaki kanan Joao Felix justru membentur tiang gawang sebelah akan Mike Maignan yang berujung tidak berbuah gol.

Baca Juga: Copa America 2024: Menang atas Paraguay, Kosta Rika Tersingkir

Gagalnya winger pinjaman Barcelona ini dari Atletico Madrid ini menjadi pangkal kelakahan Portual dari Prancis.

Sementara itu kelima eksekutor dari Prancis suksese menjalankan tugasnya dengan baik dan mereka pun melajiu ke babak semifinal dengan skor 3-5.

Dengan hasil ini membuat Prancis akan menantang Spanyol yang sukses membuat pensiun Toni Kroos tanpa hasil di partai semifinal pada 10 Juli 2024 pukul 02.00 WIB ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait