DECEMBER 9, 2022
Internasional

Piala Eropa 2024: Wasit Kasus Match Fixing Pimpin Laga Klasik Belanda Melawan Inggris

image
Wasit Jerman Felix Zwayer akan pimpin laga semifinal Piala Eropa 2024 antara Belanda melawan Inggris (EPA/Christopher Neundorf)

SPORTYABC.COM – Jelang laga semifinal Piala Eropa 2024 yang akan di gelar pada dinihari nanti, publik di kejutkan dengan penunjukkan wasit untuk laga Belanda melawan Inggris.

Laga Belanda melawan Inggris pada semfinal Piala Eropa 2024 pada Kamis 11 Juli 2024 ini akan di pimpin oleh wasit mantan pelaku match fixing, Felix Zwayer.

Wasit Felix Zwayer asal Jerman ini menjadi sorotan publik karena Zwayer pernah mendapatkan hukuman skorsing enam bulan paa 2006 karena skanal match fixing.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Eka Budianta: Peluang Menjadi Sastrawan Kini Semakin Terbuka

Kala itu Felix Zwayer mengakui adanya rencana pengaturan pertandinggan yang  akan dilakukan bersama rekannya sesame asisten wasit yaitu Robert Hoyzer.

Atas perbuatannya Felix Zwayer dihukum dengan durasi larangan bertugas yang relatif singkat karena mengakui perbuatannya. Sementara Robert Hoyzer dilarang beradda di lingkungan sepak bola seumur hidup

Selain kasus match fixing, Felix Zwayer juga pernah mendapatkan kritikan keras dari pemain timnas Inggris Jude Bellingham ketika masih memperkuat Borussia Dortmud.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar Sebut Ada Beberapa Contoh Pengadilan Berperan Signifikan dalam Pembentukan Hukum

Kala itu Belingham luapakan kekesalannya kepada media karena wasit yaitu Felix Zwayer tidak memberikan penalti kepada Dortmund

Buntut dari kekesalannya ini, Belingham diharuskan membayar denda 40 ribu euro atau sekitara Rp 705 juta. ***

Sumber: The Sun

Berita Terkait