DECEMBER 9, 2022
News

Trump Tertembak, Inilah ke -12 Presiden Amerika Serikat yang Terbunuh dan Lolos dari Serangan Pembunuhan

image
Tangkapan layar perlihatkan kondisi wajah dari Donald Trump yang berlumuran darah usai percobaan pembunuhan terhaap dirinya (Youtube 7 News Australia)

SPORTYABC.COM – Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump terluka usai usaha pembunuhan terhadap dirinya di arena kampanye di Pennsylvia pada Sabtu 13 Juli 2024 waktu setempat.

Akibat penembakan terhadap Donald Trump ini  menambah catatan hitam dalam upaya pembunuhan terhadap presiden maupun mantan presiden di Amerika Serikat.

Sebagaimana dilaporkan media yang berada di tempat kejadian, Donald Trump langsung dievakuasi oleh pengamanan presiden ke mobil SUV dan langsung meninggalkan lokasi.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2024: Ajak Pemain Lain Tutupi 1 Personel Filipina yang Cedera, Jay Idzes Panen Pujian

Usai terdengar suara letusan, Donald Trump sempat terjatuh ke dasar podium, kemudian langsung diadang kembali oleh pengamaman presiden dengan wajah yang berlumuran darah.

Donald Trump pun membalas teriakan ke arah massa sembari dibawa pergi oleh petugas pengamanan presiden..

Dirinya sempat mengepalkan tangannya ke arah massa. Namun sejauh ini pihak pengamanan presiden atau secret service mengatakan Donald Trump dalam kondisi aman.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Upaya pembunuhan terhadap presiden maupun mantan presiden Amerika Serikat sudah menjadi catatan hitam di negara yang baru saja berulang tahun ke 248 tahun tersebut.

Sepanjang 248 tahun tersebut, Amerika Serikat memiliki 46 presiden dan mayoritas dari mereka yang menghadapi percobaan pembunuhan. 

Setidaknya ada empat presiden Amerika Serikat yang tewas terbunuh, delapan presiden dan mantan presiden lolos dari upaya pembunuhan termasuk Donald Trump.

Baca Juga: Timnas MLBB Indonesia Siap Rebut Tiket Kejuaran Dunia Esport

Itu berarti satu dari enam presiden Amerika Serikat berhadapan dengan percobaan pembunuhan.

Pembuhan pertama kali terjadi pada 1865 yang tewaskan Presiden Abraham Lincoln, kemudian pada 1881 kala Amerika Serikat dipimpin oleh James Garfield, lalu William McKinley pada 1901 dan yang terakhir pada 1963 yang membunuh John Fitzgerald Kennedy.

Sementara enam presiden yang lolos dari pembunuhan adalah Andrew Jackson, Ronald Reagen, Franklin Delano Rossevelt, Gerald Ford, Harry S Truman dan George Walker Bush 

Baca Juga: Pernah Jabat Menteri di Era Soeharto dan Habibie, Tanri Abeng Meninggal Dunia

Sementara mantan presiden yang lolos dari pembunuhan adalah Theodore Roosevelt dan yang terkini adalah Donald Trump.

Berikut daftar presiden Amerika Serikat yang terbunuh dan lolos dari pembuhan.

Abrahan Lincoln (14 April 1865), Lincoln ditembak pada bagian belakang kepala oleh John Wilkes Booth ketika sedang menonton pertunjukan teater di Teater Ford di Washington DC.
Lincoln koma selama 8 jam sebelum meninggal keesokan paginya.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Nyaris Antiklimaks, Jerman Berbagi Angka dengan Swiss

James Garfield (2 Juli 1881) ditembak oleh Charles Guiteau di stasiun kereta api di Washington DC
Tiga bulan kemudian, usai pemeriksaan medis yang tidak memadai, Garfield meninggal pada 19 September 1881.

William McKinley (6 September 1901), ditembak dua kali oleh anarkis Polandia Leon Czolgosz ketika menghadiri acara musik di Buffalo, New York. William McKinley meninggal 8 hari kemudian pada 14 September 1901

John Fitzgerald Kennedy (22 November 1963) ditembak dalam konvoi presidensialnya. Dinyatakan meninggal 30 menit setelah kejadian

Baca Juga: Muhammad Zahaby Gholy Raih Penghargaan Pemain Terbaik ASEAN Cup U16 2024

Daftar presiden yang lolos dari upaya pembunuhan

Andrew Jackson (30 Januari 1835) tukang cat asal Inggris, Richard Lawrence mencoba menembak Andrew Jackson, namun senjata Lawrence gagal meledak dan Jackson pun tidak terluka sedikit pun.

Theodore Roosevelt (14 Oktober 1912) Roosevelt tengah berbicara di sebuah hotel di Milwaukee, Wisconsi keitka ditembak di dada dari jarak dekat oleh pemilik bar Bavaria.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 2: Jafri Sastra Resmi Latih Sriwijaya FC

Beruntung, peluru mengenai kotak kacamata yang ada di sakut dadanya, serta salinan teks pidato yang berukuran besar yang hendak dirinya sampaikan.

Franklin Delano Roosevelt (15 Februari 1933) Giuseppe Zangara mencoba membunuh Roosevelt usai menyelesaikan pidato di Bayfront Park, Miami. Setidaknya lima orang terkena tembakan.

Harry Truman (1 November 1950), dua aktivis Puerto Rico berusaha membunuh Truman dengan menyebur rumah tempat tingggal sementara, namun Truman tidak terluka.

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Inilah 28 Pemain Timnas Indonesia, Ada Jens Raven hingga Welber Jardim

Ronald Reagen (30 Maret 1981) percobaan pembunuhan terjadi ketika meninggalkan Hotel Hitlon di Washington DC dan berbicara dengan 5,000 anggota AFL-CIO ketika bebara tembakan terdengar, peristiwa ini membuat Ronald Reagen terluka.

Gerald Ford alami dua kali percobaan pembunuhan yang pertama pada 5 September 1975, ketika tengah berjalan dari hotelnya di California menuju gedun pemerintah. 

Dirinya memutuskan untuk berjabat tangan dengan orang orang yang bekumpul di sekitar Hotel,

Baca Juga: Piala Presiden 2024 Kick Off 19 Juli, Rp 5 Miliar untuk Sang Pemenang

Yang kedua pada 22 September 1975, ketika Sara Jane Moore mencoba membunuh Gerald Ford usai membeirkan pidato di World Affairs Council. 

George W Bush (10 Mei 2005) seorang pria melemparkan granat tangan aktif pada Preisden Bush ketika mengadakan rapat umum di pusta kota Tsibilisi, Georgia.

Donald Trump (13 Januari 2024) terluka ketika berpidato dalam kampanye di Pennsylvania ***

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait