DECEMBER 9, 2022
Internasional

Pilpres Amerika Serikat 2024: Joe Biden Mundur dari Pencalonan Presiden AS 2024

image
Joe Biden tengah bersiap memberikan pidato pada sebuah acara yang akan disiarkan dari Gedung Putih (whitehouse.gov)

SPORTYABC.COM – Presiden petahaan Joe Biden umumkan pengunduran diri dari pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat 2024 yang akan digelar pada 5 November 2024 mendatang.

Kabar pengunduran dirinya disampaikan Joe Biden melalui media sosial, dirinya mengaatakan ini merupakan keputusan terbaik bagi Partai Demokrat selaku partai pengusungnya dan juga bagi negara.

"Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai presiden Anda. Meskipun niat saya adalah untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai dan negara saya jika saya saya mundur dan hanya memenuhi tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan," demikian pernyataan Joe Biden.

Baca Juga: Indonesia Open 2024: Ditonton Shin Tae yong, An Se young Kalah

Joe Biden pastikan akan berbicara secara mendetail kepada publik mengenai pengunduran dirinya pada minggu ini,

Dirinya tidak lupa memberikan apresiasi kepada Kamala Harrsi yang atelah mendampinginya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat selama jabatan yang mereka jalani.

"Saya ingin berterima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa dalam semua pekerjaan ini," sebutnya.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

"Dan izinkan saya mengungkapkan penghargaan saya yang tulus kepada rakyat Amerika atas kepercayaan yang Anda berikan kepada saya," ucap Biden kepada warga AS.

Keputusan Joe Biden mundur dari pencalonan Presiden Amerika Serikat 2024 muncul usai Partai Demokrat kehilangan kepercayaannya terhadap kondisi mental dan kemampuan untuk mengalahkan pesaingnya yaitu kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Para petinggi Demokrat sangat cemas dan berupaya membujuk Joe Biden untuk membatalkan niatnya untuk mencalonkan diri lagi pada pilpres Amerika Serikat pada tahun ini.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Waktu yang Singkat, Tim Bulu Tangkis Indonesia Mulai Berlatih di Chambly

Desakan Partai Demokrat kepada Joe Biden ini datang menyusul penampilan sang presiden Ameriak Serikat ke 46 ini semakin menurun selama masa kamapnye terutama usai debat perdana dengan Donald Trupm pada 24 Juni 2024

Penampilan Joe Biden dalam debat tersebut membuat Partai Demokrat khawattir bahwa sang presiden tidak cukup sehat dan kuat dalam menjalani masa jabatan keduanya.

Tingkat elektabilitas Donald Trump pun terus unggul atas Joe Biden dalam sebagian besar jajak pendapat pemilu sela mini.

Baca Juga: Dilantik Hari ini, Berikut Profil Thomas Djiwandono Sang Darah Biru Ekonom Indonesia

Insiden percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump disebut semakin menguntunkan sang mantan presiden dalam pemilu kali ini.

Hingga tulisan ini terpublikasi, belum diketahui siapa calon pengganti Joe Biden dalam Pilpres Amerika Serikat 2024. ***
 

Sumber: CNN

Berita Terkait