DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Pulangkan Mesir, Prancis Tantang Spanyol di Final

image
Jean Phiilippe Mateta catakan brace ke gawang Mesir dalam semifinal sepak bola Olimpiade Paris 2024 dan antrakan Prancis menuju final (x.com/equipedefrance)

SPORTYABC.COM – Laga semifinal sepak bola Olimpiade Paris 2024 pertemukan antara Prancis melawan Mesir yang dimenangkan oleh Prancis dengan skor 3-1 pada babak tambahan.

Laga semifinal sepak bola Olimpiade Paris 2024 antara Prancis melawan Mesir berlangsung di Stadion Lyon, Lyon, Prancis Selasa 6 Agustus 2024

Prancis meneken lini pertahanan Mesir sejak wasit Said Martinez dari Honduras membuka laga. Prancis mencoba aktif menyerang bahkan menghasilkan beberapa peluang namun masih dapat dimentahkan oleh lini pertahanan Mesir.

Baca Juga: Waduh, Terlibat Kasus Asusila, DKPP Pecat Hasyim Asy’ari

Mesir merespon dengan serangan yang mereptokan Prancis dan sadar harus bertahan dengan sangat baik dalam menghalau serangan.

Laga pun berjalan cukup hidup dengan saling tukar serangan, Prancis memilki peluang terbaik di babak pertama melalui sundulan Loic Bade yang membuat bola mengenai tiang gawang.

Hingga wasit Said Martinez meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, lepas dari kamar ganti Prancis hadirkan penampilan yang lebih menekan.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Tidak Cuma menyerang, Prancis juga mengurung pertahanan Mesir dan dibuat kesulitan merancang serangan.

Alexandre Lacazette membuat sejumlah peluang emas di areal penalti Mesir, membuat Prancis sendikit mengendur yang dimanfaatkan oleh Mesir untuk menyerang lini pertahanan Prancis.

Mohamed Elneny Cs tampak memahami kewajiban bermain efektif dan maksimalkan peluang yang ada.
Mahmoud Saber mencoba melepaskan tendangan namun masih bisa diblok lini pertahan Prancis.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Amerika Serikat Kudeta China di Klasemen, Indonesia Peringkat 61

Bola kembali diambil Saber dan dilepaskan dengan tendangan kencang dan masuk ke gawang tanpa bisa diantisipasi membuat Mesir memimpin 1-0 pada menit ke 62.

Usai tertinggal, Prancis terus menekan lini pertahanan Mesir dalam sebuah momentum, dua peluang namun sayang mengenai tiang gawang.

Prancis kemudian dapat menyamakan kedudukan pada menit ke 83 lewat kerja sama yang apik ditampilkan lini serang Prancis. Bola daerah dari Michel Olise diselesaikan Jean Philippe Mateta dan mengubah menjadi 1-1.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: An Se young Luapkan Kemarahan ke Asosiasi Badminton Korea Usai Raih Medali Emas

Ketika injuri time ada insiden handsball di areal penali Mesir, wasit Said  Martinez pun meninjau tayangan VAR namun tidak memberiakn penalti kepada Prancis karena Omar Fayed dianggap mendorong lawan.

Hingga babak kedua berakhir namun karena kedudukan 1-1 akhirnya berlanjut ke babak extra time.
Satu menit lebih sedikit pada babak tambahan petaka bagi Mesir dimana harus kehilangan Omar Fayed yang harus mandi lebih cepat karena menerima kartu kuning kedua alia kartu merah dari wasit Said Martinez.

Prancis membuka pundi golnya pada mneit ke 99 lewat brace dari Jean Philippe Mateta manfaatkan umpan Kiliann Sildillia yang berawal dari serangan bola mati.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gestur He bing Jiao Bawa Pin Spanyol ke Podium untuk Marin

Keunggulan Prancis kembali bertambah pada menit ke 107 lewat Michael Olise tuntaskan usaha dari Desire Doue yang terjauh dan terkena hantaman bola.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga yang pastikan Prancis melangkah ke final Olimpiade Paris 2024 berhadapan dengan Spanyol. ***
 

Sumber: Olympics.com

Berita Terkait