DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Liga Europa: Langka, Adu Penalti Sampai 34 Kali, Ajax Amsterdam Menang atas Panathinaikos

image
Jordan Henderson memberikan standing applaus kepada para fans Ajax Amsterdam di tribun penonton usai menangkan laga yang unik bersama Panathinaikos dengan penalti sebanyak 34 kali pada putaran ketiga kualfikasi Liga Europa (ajax.nl)

SPORTYABC.COM –  Ini mungkin yang pertama di dunia dimana ada adu penalti hingga 17 kali dan ini benar terjadi di Belada.

Adalah klub asal Belanda Ajax Amsterdam lolos ke putaran terakhir kualifikasi Liga Eropa musim 2024/25 dengan kalahkan wakil Yunani Panaithinaikos dengan cara yang tidak lazim di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat 16 Agustus 2024 dinihari WIB.

Ajax Amsterdam yang unggul 1-0 pada leg pertama babak ketiga kulifikasi Liga Europa harus menjalani adu penalti usai Panathinaikos unggul 1-0 pada leg kedua dan terjadilah drama adu penalti tersebut.

Baca Juga: Viral Beli Minyak Goreng dengan Selfie KTP, Inilah Tanggapan OJK

Total ada 34 penalti yang dilakukan dalam tos tosan tersbeut dimana Ajax Amsterdam dan Panathinaikos sama sama mengambil 17 penalti dan memakan waktu selama 25 menit dan ini bukan hal yang pernah terjadi sebelumnya.

Kiper veteran Ajax Amsterdam berusia 40 tahun Remko Pasveer menjadi pahlawan bagi the Amsterdamers dengan gagalkan lima penendang penalti Panathinaikos.

Ajax Amsterdam pun menang 13-12 atas Panathinaikos dalam adu penalti babak ketiga kualifikasi Liga Europa.

Baca Juga: Densus 88 Polri: Dua Teroris Jakarta Barat Siapkan Aksi Teror dengan Bom Rakitan

"Anda pasti jarang menjalani pertandingan gila seperti ini. Untuk semangat tim, pertandingan seperti ini sangat bagus untuk kami," ujar Pasveer usai pertandingan.

Ajax Amsterdam pastikan kemenangan usai Pasveer mampu memblok dua penendang penalti terakhir Panathinaikos yaitu Filip Mladenovic dan Tonny Vilhena.

Sementara itu, Pelatih Ajax Amsterdam, Francesco Farioli akui masih banyak yang harus diperbaiki timnya namun pelatih asal Italia 35 tahun ini memuji semangat juang para anak didiknya hingga mampu kalahkan Panathinaikos.

Baca Juga: 7 Jenderal dan Purnawirawan Polri Lolos Tes Tulis Capim KPK

"Adu penalti yang luar biasa. Semangat dan dedikasi tim sangat mengagumkan malam ini. Kami tidak sempurna, tetapi para pemain sudah memberikan yang terbaik. Pertandingan ini fantastis bagi saya. Sulit untuk menjalani adu penalti setelah pertandingan seperti itu," ucap Farioli.

Di babak terakhir kualifikasi, Ajax akan menghadapi Jagiellonia Bialystok dari Polandia untuk memperebutkan satu tiket ke fase grup Liga Europa musim ini. ***

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait