DECEMBER 9, 2022
Internasional

Anak Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Resmi Jadi PM Thailand

image
Paetongtarn Shinwatra (depan) dalam sebuah acara (world.thaipbs.or.th)

SPORTYABC.COM – Dunia politik Thailad kembali bergejolak dimana Paetongtarn Shinwatra secara resmi terpilih menjadi Perdana Menteri negara tersebut gantikan Sretha Thavisin yang dipecat oleh Mahkamah Konstitusi karena melanggar kode etik.

Sebagimana dilaporan Reuters, Paetongtarn mendapatkan dukungan mayoritas dari parlemen dalam pemungutan suara yang digelar Jumat 16 Agustus 2024.

Paetongtarn meraih 319 suara atau dua pertiga suara yang ada di parlemen Thailand, menariknyua Paetongtarn adalah putri dari mantan PM Thailand terguling Thaksin Shinawatra.

Baca Juga: Nasir Tamara: Yang Terjadi di Gaza Bukan Perang, Tetapi Pembantaian Pada Warga Palestina

Partai dari sang ayahg, Pheu Thai, sudah mengusung dirinya sebagai calon pengganti Sretha dalam konsolidasi partai pada Kamis 15 Agustus kemarin.

Paetongtarn menjadi PM termuda yang akan memimpin Thailand berusi 37 tahun, terpilih dirnya sebagai PM memunculkan kabar tidak sedap bahwa dirinya akan menjadi ‘bonek’ sang ayah

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi Thailand pada Rabu 14 Agustus lalu memecat Sretha Thavisi karena pelanggaran kode etik.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Wout Weghorst Pemecah Kebuntuan dan Mimpi Buruk Bagi Tim Lawan

Pelanggaran ini terjadi ketika Sretha Thavisi menunjuk Pichit Chuenban sebagai Menteri Knator PM pada reshuffle April lalu.

Pichit Chuebnan sendiri adalah mantan warga binaan yang terjerat kasus korupsi di negara itu yang pernah menjalani hukuman enam bulan pada 2008. ***

Sumber: Reuters

Berita Terkait