DECEMBER 9, 2022
Olahraga

ASEAN Cup U19 2024: Sikat Thailand, Indonesia Juara

image
Ketuan PSSI Erick Thohir bersama Sekjen AFF Winston Lee menyeahkan Piala ASEAN Cup U19 kepada Doni Tri Pamungkas, kapten Timnas Indonesia (x.com/TimnasIndonesia)

SPORTYABC.COM – Laga final ASEAN Cup UI9 2024 pertemukan antara Thailand melawan Timnas Indonesia yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor tipis 0-1.

Laga final ASEAN Cup U19 2024 antara Thailand melawan Timnas Indonesia berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaaya Senin 29 Juli 2024.

Thailand langsung menekan lini pertahanan Timnas Indonesia sejak wasit Faisal Sulaiman Albalawi dari Saudi Arabia membuka laga.

Baca Juga: SATUPENA Akan Diskusikan Pentingnya Menjaga Marwah Gelar Akademik Dengan Narasumber I Ketut Surajaya

Pada menit ke 15 Thailand mengancam lini pertahanan Timnas Indonesia lewat tendangan keras Thanawut Phochai namun tendangannya masih membentur tiang gawang Indonesia.

Pada menit ke 17 Timnas Indonesia mengancam namun upaya umpan cut back Arlyansyah Abdulmanan kepada Muhammad Kafiatur masih dapat dipotong oleh lini pertahanan Thaland yang hasil sepak pojok.

Lewat sepak pojok inilah Timnas Indonesia berhasil memecahkan kebuntuan lewat tendangan pelan dari Jens Raven usai teruskan sundulan Kadek Arel menerima umpan sepak pojok dari Muhammad Kafiatur.

Baca Juga: Hijrah Berkali-kali Ala Denny JA: Buku Inspirasi Untuk Milenial dan Generasi Z

Pada menit ke 37, Piyawat Petra lepaskan tendangan bebas yang mengenai tiang gawang Timnas Indonesia, beruntung karena bola keluar usai mengenai tiang gawang ketika Ikram Algifari sudah mati langkah.

Di menit ke 43, Thailand kembali mengancam gawang Timnas Indonesia melalui tendangan Thanawut Phonchai namun masih bisa ditangkap oleh Ikram Algifari.

Menit ke 44, Timnas Indonesia mendapatkan tendangan bebas usai Riski Afrisal dilanggar Siradanai Phosri di depan kotak penalti Thailand.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, I Ketut Surajaya: Banyak Peraturan Untuk Raih Gelar Doktor dan Jabatan Profesor yang Tidak Jelas

Tendangan bebas pun dilepaskan oleh Toni Firmansyah namun masih bisa ditangkap oleh Kittipong Bunmak.

Hingga wasit Faisal Sulaiman Albalawi dari Saudi Arabia meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan keduudkan 0-1 unttuk Timnas Indoneesia.

Lepas dari kamar ganti, TImnas Indonesia kembali langsung tampulkan permainan menyerang.

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Singapura Sukses Sikat Brunei Darussalam

Namun ketika mendekati kotak penalti Thailand dan pemain Timnas Indonesia masih kerap melakukan kesalahan sehingga banyak membuang peluang.

Sementara Thailand mencoba tampil tenang dan perlahan dalam membangun serangan namun belum ada ancama berarti dari Thailand di awal babak kedua.

Namun pada menit ke 60 ke 70 Thailand mampu kendalikan permaianan sementara TImnas Indonesia hanya menyerang lewat serangan balik yang mereka bangun dari bawah.

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Libas Malaysia, Timnas Indonesia Tantang Thailand di Final

Pada menit ke 80, Thailand masih saja penasaran dalam mengoyak gawang Timnas Indonesia, kali ini bek mereka Singha Maraa mencoba lepaskan tendangan keras namun maasih melambung di atas gawang Timnas Indonesia. 

Pada menit ke 86, tendnagan gelandang Thailan, Paripan Wongsa mengarah tepat pada pelukan Ikram Algiffari.

Pada menit ke 90+2 wasit Faisal Sulaiman membuat keputusan kontroversial dimana seorang pemain Thailand Jhetsaphat Kuanantanom membanting bola usai dinyatakan pelanggaran terhadap Arlyansyah namun sayangnya wasit Faisal Sulaiman tidak memberikan kartu kuning yang bisa berujung kartu merah karena sebelumnya sudah merima kartu kuning.

Baca Juga: Denny JA Terima Award International Lifetime Achievment dan Masuk 200 Tokoh Berpengaruh dari White Page Leadership

Hingga tambahan waktu 5 menit berakhit dan wasit Faisal Sulaiman meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dnegan kedudukan 0-1 untuk Timnas Indonesia.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia keluar sebagai juiara Piala ASEAN Cup U19 2024 untuk kedua kalinya setelah pada 2013 dan menarikanya kedua gelar ini diraih di bawah kepelatihan Indra Sjafri ***

Berita Terkait