DECEMBER 9, 2022
Olahraga

ASEAN Cup U19 2024: Kesalahan Dylan Paul Leonard Bantu Thailand ke Final

image
Pemain Thailand U-19 Thanakrit Chotmuangpak (tengah) berusaha menendang bola ke arah gawang Australia pada babak semifinal ASEAN U-19 Boys Championship di Stadion GBT Surabaya, Sabtu 27 Juli 2024 sore. (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi)

SPORTYABC.COM – Laga semifinal ASEAN Cup U19 2024 hadirkan antara Australia melawan Thailand yang dimenangkan oleh Thailand dengan skor tipis 0-1.

Laga semifinal ASEAN Cup U19 2024 antara Australia melawan Thailand berlaangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 27 Juli 2024.

Thailand berhasil unggul pada menit ke 13 usai kiper Australia Dylan Peraic Cullen melakukan blunder fatal ketika gagal mengontrol bola dengan baik usai menerima back pass dari Dylan Paul Leonard yang menyebabkan gawangnya kebobolan.

Baca Juga: Copa America 2024: Angel Di Maria Pensiun dengan Cara Luar Biasa

Thailand pun unggul 1-0 atas Australia lewat gol bunuh diri Dylan Paul Leonard. Pada menit ke 33, Australia mendapatkan hadiah penalti usai bek Thailand JIrapol Seelio melanggar Jake Najdovski di areal terlarang.

Namun ketika mengecek VAR, wasit Razlan Joffri Ali asal Malaysia menganulir penalti Australia kerena Jake Nadjovski dianggap diving dan menganulir kartu kuning untuk Jirapol Saelio.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta, Thailand pun unggul 0-1 atas Australia di babak pertama.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Siti Maemunah: Bicara tentang Krisis Lingkungan Tak Bisa Lepas dari Konsep Ekstraktivisme

Lepas dari kamar ganti, tepatnya pada menit ke 49, Australia mampu mengancam gawang Thailand lewat seontekan Jake Najdosvksi usai teruskan umpan silang Tiago Quintal, sayang Jake Melakukan handsball di areal terlarang Thailand.

Pada menit ke 53, Australai kembali mendapatkan peluang bagus lewat Tiago Quintal namun tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Thailadn, Kitipong Bunmak.

Petaka bagi Thailand, pada menit ke 67 harus bermain dengan 10 pemain usai Repeephat Padhathaisong mendapatkan kartu kuning kedua berujung kartu merah membuat Thailand  memilih bertahan total.

Baca Juga: Viral Beli Minyak Goreng dengan Selfie KTP, Inilah Tanggapan OJK

Pada menit ke 69, Australia kembali mengancam gawang Thailand lewat tendangan Marcus James Younis namun tendangannya masih dapat ditangkap oleh Kittipong Bunmak.

Pada menit ke 75 Australia membahayakan gawang Thailand lewat tendangan Zane Sam Helweh, namun tendangannya masih membentur tiang sebelah kanan gawang Thailand.

Hingga wasit Razlan Joffri Ali dari Malaysia meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan dengan kemenangan bagi Thailand.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Mundurnya Joe Biden dan Kemungkinan Presiden Perempuan Pertama di Amerika Serikat

Dengan hasil ini membuat Thailand melaju ke babak final untuk menantang pemanang laga Timnas Indonesia melawan Malaysia yang beru bermain pada pukul 19.30 WIB.

Final Piala AFF U-19 2024 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin 29 Juli 2024 mendatang pukul 19.30 WIB.

Sementara pertandingan perebutan tempat ketiga akan digelar di tempat yang sama namun bermain lebih dulu pada pukul 15,30 WIB. ***

Berita Terkait