DECEMBER 9, 2022
Internasional

Inilah Tampilan Baru Paspor Indonesia dengan Kecanggihannya

image
Tampilan baru Paspor Indonesia yang kini berwarna merah bukan lagi hijau dan baru akan berlaku pada tahun 2025 mendatang (Kemenkumham.go.id)

SPORTYABC.COM – Dalam rangka kemerdekaan RI ke 79, Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi pada hari ini Sabtu 17 Agusutus 2024 meluncurkan desain baru Paspor Indonesia.

Bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, peluncuran desain baru Paspor Indonesia diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dengan desain baru Paspor Indonesia sekarang sampulnya berwarna mereka setelah sebelumnya warna hijau.

Selain perubahan pada sampur dari hijau menjadi merah, Paspor Indonesia juga mendapatkan updgrade fitur keamanan dan diklaim Paspor Indonesia ini memakai teknologi terbaru yang telah disesuaikan dengan standar dan regulasi International Civil Aviation Organization (ICAO).

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Hengkang dari Dortmund, Niclas Fullkrug Berlabuh di West Ham United

Paspor Indonesia dengan desain baru ini secara visual lebih cerminkan indentitas Indonesia terutama unsur warna yang digunakan memiliki nuansa merah dan putih.

"Warna yang identik dengan Indonesia, yang membawa semangat perjuangan Indonesia, yaitu merah dan putih," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim.

Silmy Karim juga paparkan pada setiap lembar isi paspor, desain yang digunakan adalah 33 motif kain nusantara. 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Persija Jakarta Akhiri Kerja Sama dengan Cahya Supriadi

Selain itu, terdapat pula motif-motif yang menunjukkan kekayaan khas daerah, seperti rumah tradisional.

"Kenapa kain nusantara? Kita banyak tidak tahu bahwa ada 5.849 motif kain dari Sabang sampai Merauke. Kenapa kita tidak ambil? Desain paspor Indonesia bisa juga menceritakan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia," jelas Silmy.

Walaupun telah diluncurkan pada 17 Agustus 2024, desain baru Paspor Indonesia ini menurut Silmy Karim baru akan berlaku pada tahun 2025 mendatang.

Baca Juga: Berikut Ini Isi Pidato Presiden Joko Widodo Mengenai RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan RI

Rancana perubahan desain Paspor Indonesia ini sudah terungkap sejak April 2024 lalu, Kementerian Hukum dan HAM memang sengaja menerbitkan desain paspor baru Indonesia pada 17 Agustus 2024 sebagai kado. ***
 

Berita Terkait