DECEMBER 9, 2022
Internasional

Media Asing Soroti Perombakan Kabinet Joko Widodo

image
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri dan kepala lembaga untuk mengisi pos di kabinetnya (Yotube.com/@SekretariatPresiden)

SPORTYABC.COM – Beberapa media asing soroti perombakan Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo jelang lengser pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024.

Mayoritas media asing tersebut menggaris bawahi penunjukkan tokoh tokoh tersebut dalam Kabinet Indonesia Maju adalah pendukung Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Seperti media ekonomi terkemuka dari Jepang, Nikkei Asia soroti masuknya orang orang Prabowo Subianto ke dalam kabinet Joko Widodo.

Baca Juga: Hasil Survei LSI Denny JA Jadi Rujukan Bagi Golkar NTB

Nikkei Asia dalam tulisannya bahwa langkah Joko Widodo masukkan para pendukung Prabowo Subinato ke dalam pemerintahan seperti saat ini sudah dilakukan dalam beberapa bulan lalu.

Salah satu yang disorot Nikkei Asia adalah penunjukkan keponakan Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan pada Juli lalu, salah satu bukti bahwa upaya memutuskan tradisi telah dilakukan.

"Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo melantik sejumlah menteri baru pada hari Senin dalam perombakan kabinet dua bulan sebelum masa jabatannya berakhir, dengan tokoh-tokoh yang dekat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto menduduki jabatan-jabatan kunci," tulis Nikkei Asia.

Baca Juga: Inilah Daftar Paskibraka yang Akan Bertugas pada Upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Berikut Rinciannya

Sementara itu dari Kuala Lumpur, The Straits Times, juga serupa dengan Nikkei Asia yang soroti pergeseran kekuasaan yang signifikan dalam perombakan kabinet Joko Widdodo kali ini.

The Straits Times menuliskan bahwa perombakan menteri saat ini dilakukan Joko Widodo seiring dengan para elite politik Indonesia sedang mengonsolidasikan posisi mereka jelang pemerintahan baru yang akan dimulai pada 20 Oktober mendatang

"Bapak Supratman Andi Agtas, seorang politikus dari partai Gerindra yang dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto, menggantikan Bapak Yasonna Laoly dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berkuasa sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bapak Angga Raka Prabowo, seorang anggota Gerindra, diangkat menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informasi, bersama Wamenkominfo saat ini Nezar Patria," tulis The Straits Times.

Baca Juga: Berikut Ini Isi Pidato Presiden Joko Widodo Mengenai RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan RI

Masih dari media Malaysia lainnya, yaitu The Sun menuliskan bahwa Joko Widodo menunjuk ‘pembantu Prabowo ‘ masuk ke dalam kabinetnya jelang berakhirnya masa baktinya pada Oktober 2024 mendatang.

"Presiden Indonesia Joko Widodo, yang sebentar lagi akan lengser, telah menunjuk orang-orang yang dekat dengan penggantinya [Prabowo Subianto] dalam perombakan kabinet dua bulan sebelum ia mengundurkan diri. Perombakan itu salah satunya penggantian menteri energi dan investasi," tulis The Sun.

Dalam tulisannya, The Sun soroti keberadaan Bahlil Lahadalia sebagai menteri Energi dan ESDM dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi / Kepala BKPM dimana bahwa orang orang Prabowo telah masuk dalam pemerintah sebelum Prabowo dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Alokasikan Anggaran Pendidikan Rp722,6 Triliun pada 2025

Ini terbukti dengan dilantiknya Dadan Hndayana, dosen Fakultas Pertanian IPB sekaligus anggota tim sukses Prabowo sebagai Kepala Badan Gizi Nasional serta Hasan Nasbi ketika kampanye menjabat juru bicara Prabowo kini menjabat sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan yang baru saja dibentuk oleh Joko Widodo.

Penunjukkan orang orang Prabowo ini menurut Koordinator Staff Khusus Presiden Ari Dwipayana bahwa masuknya tokoh tokoh ini untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan lancar dan efektif. 

Seperti diketahui pada pagi tadi Senin 19 Agustus 2024, Presiden Joko Widodo melantik sejumlah tokoh untuk masuk dalam kabinetnya jelang masa baktinya berakhir.

Baca Juga: 5 Lukisan Denny JA Spesial HUT ke – 79 RI: Tegakkan Merah Putih Itu

Selain mengganti sejumlah menteri dan wakil menteri, Presiden Joko Widodo pun mengangkat kepala lembaga baru termasuk lembaga yang barus saja terbentuk yaitu Badan Gizi Nasional.

Tokoh tokoh tersebut antara lain, Menkumham Supratman Andi Agtas gantikan Yasonna Laoly dari PDIP. 
Kemudian Menteri Investasi/BKPM Rosan Roeslani menggantikan Bahlil Lahadalia. Keduanya dari tim pemenangan Prabowo.

Setelah tidak menjabat  Menteri Investasi/ Kepala BKPM, Bahlil Lahadila menjabat menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, ESDM gantikan Arifin Tasrif

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Dianugerahi Tanda Kehormatan oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas

Baik Bahlil, Rosan dan Supratman adalah tokoh dibalik terpilihnya Prabowo Subianto menjadi Presiden masa bakti 2024-2029 serta pendukung paling vocal bagi Joko Widodo.

Selain ketiga menteri ada pula Wamenkominfo yang dijabat Angga Raka Prabowo, orang dekat Prabowo Subianto yang merupakan kader Gerindra.

Kepala BPOM Taruna Ikrar menggantikan Rizka Andalusia, lalu ada Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana sebagai lembaga baru yang dibentuk Presiden.

Dan yang terakhir adalah, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi sebuah lembaga yang baru saja dibentuk oleh Presiden Joko Widodo. 

Hasan Nasbi sebelumnya masuk dalam kabinet merupakan bagian dari jajaran juru bicara TKN Prabowo-Gibran. ***
 

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait