DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Paris Tengah Bersolek Sambut Ajang Paralimpiade 2024

image
Suasana sudut kota Paris jelang Paralimpiade Paris 2024 (Pinterest)

SPORTYABC.COM -  Kota Paris saat ini tengah bersiap menggelar ajang paralimpiade 2024. Sejumlah persiapan dilakukan di antaranya seperti mempersiapkan venue venue yang akan digunakan para atlet untuk bertanding.

Paralimpiade Musim Panas tahun 2024, akan diadakan di Paris, Prancis, untuk kali pertama Paris menjadi tuan rumah Paralimpiade, yang berlangsung setelah Olimpiade Musim Panas 2024. Paralimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari 28 Agustus hingga 8 September 2024. 

Sekedar informasi, Paralimpiade adalah acara internasional terbesar yang didedikasikan untuk atlet penyandang disabilitas dan perubahan sosial, dan diadakan di kota tuan rumah yang sama setelah Olimpiade diselenggarakan. Paralimpiade diadakan setiap dua tahun sekali, bergantian antara  musim panas dan musim dingin.

Baca Juga: Pesona Taman Parapuar, Destinasi Wisata Alternatif yang Segarkan Mata di Labuan Bajo

Paralimpiade ini akan mencakup berbagai olahraga adaptif yang diikuti oleh atlet dengan berbagai jenis disabilitas. 

Beberapa olahraga yang akan dipertandingkan termasuk, bulu tangkis, atletik, renang, basket kursi roda, tenis meja, dan masih banyak lagi.

Pada Paralimpiade Musim Panas terakhir di Tokyo 2020, lebih dari 160 negara berpartisipasi. Jumlah negara yang berpartisipasi pada Paralimpiade Paris 2024 diperkirakan akan serupa atau bahkan lebih banyak.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Media Malaysia Soroti Ritual Rizki Juniansyah Sebelum Bertanding

Negara-negara yang biasanya berpartisipasi dalam Paralimpiade termasuk, tetapi tidak terbatas diantaranya yaitu :

Amerika Serikat
Cina
Rusia 
Jepang
Jerman
Britania Raya
Australia
Kanada
Brazil
Prancis (sebagai tuan rumah pada 2024)

Negara-negara dari semua benua berpartisipasi dalam Paralimpiade, termasuk negara-negara Afrika, Amerika Latin, Asia, Eropa, dan Oseania 

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Raih Emas Basket Putri, Amerika Serikat Juara Umum Secara Dramatis

Setiap negara biasanya mengirimkan kontingen atlet yang berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga yang sesuai dengan klasifikasi disabilitas mereka. 

Jumlah pasti negara peserta akan diumumkan lebih dekat dengan pelaksanaan Paralimpiade Paris 2024. Adapun perkiraan jumlah peserta yakni sekitar 4.462 atlet.

Sejumlah petugas bekerja merubah venue yang berada di kaki menara Eiffel pada Minggu venue yang tadinya digunakan untuk pertandingan bola pantai.

Baca Juga: Bendera Olimpiade Tiba di Los Angeles

Diubah menjadi arena pertandingan sepak bola tuna netra paralimpiade. Adapun pasir seberat 400 ton tetap tak dipindahkan dan tetap dibiarkan berada di bawah lapangan. Pertandingan sepak bola tuna netra akan dimulai di kaki menara eiffel pada 1 September.

Sebagai tuan rumah, Paris telah mempersiapkan fasilitas yang ramah disabilitas serta kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan inklusi bagi orang-orang dengan disabilitas. 

Perhelatan ini juga diharapkan dapat mempromosikan Paris sebagai kota yang inklusif dan mendukung semangat olahraga untuk semua orang. ***

Baca Juga: wow, Bonus Peraih Medali Emas Olimpiade Rp6 Miliar, Perunggu Rp1,65 M

Tias Atika Suri
 

Berita Terkait