DECEMBER 9, 2022
News

Jelang Kedatangan Paus Fransiskus, TNI Polri Siapkan Pengamanan Khusus

image
PJ Gubernur Jakarta dan juga Kepala Sekretaris Presiden, Heru Budi Hartono berikan penjelasan tentang kedatangan Sri Paduka Paus Fransiskus ke Jakarta pada 3 hingga 6 September 2024 di Istana Kepresidenan, Senin 26 Agustus 2024 (Youtube/SekretaratPresiden)

SPORTYABC.COM – Jelang kedatangan Sri Paduka Paus Fransiskus di Indonesia, sejumlah pihak melakukan persiapan salah satunya TNI Polri yang akan menyiapkan pengamanan khusus untuk pemimpin umat Katolik dunia ini selama di Indonesia.

Pengamanan khusus ini sudah dilakukan sejak Sri Paduka Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada 3 September 2024.

Hal ini disampaikan oleh PJ Gubernur Jakarta yang juga Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 26 Agustus 2024.

Baca Juga: Paus Fransiskus Lawatan ke Indonesia, Laga FIFA Match Day September Pindah ke Surabaya

"Tentunya TNI Polri menyiapkan itu, rute dari Bandara Soetta menuju kediaman (tempat menginap), dan seterusnya. (Lalu pengamanan) kegiatan tanggal 3, tanggal 4, tanggal 5, dan seterusnya sudah diberikan yang terbaik," ujar Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 

Heru Budi Hartono juga menginformasian soal rencana penutupan sejumlah ruas jalan di Jakarta ketika berlangsungnya Misa Agung yang akan dipimpin oleh Sri Paduka Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno, Senayan pada 5 September 2024 mendatang.

Rencananya penutupan jalan akan dilakuakan pada jam tertentu ketika situasi jalan sangat padat, namun saat ini dirinya belum menyampaikan rincian penutupan yang akan dilakukan.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Mencuci Kaki Rakyat Kecil Indonesia

"Ada titik tertentu yang nanti jam-jam kepadatan yang sangat padat, dan mungkin nanti akan kami sampaikan peta rute pengalihan jika terjadi kepadatan yang luar biasa terhadap lalu lintas," tuturnya. 

Sebagaimana diberitakan, Sri Paduka Paus Fransiskus memulai perjalanan apostoliknya ke kawasan Asia Pasifik pada 3 September 2024 dimana Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Sri Paduka Fransiskus pada 3-6 September 2024.

Usai dari Indonesia, pemimpin gereja Katolik Dunia tersebut akan mengunjungi dua kota di Papua Nugini yaitu Port Moresby dan Vanimo pada 6-9 September 2024.

Baca Juga: Lukisan Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia Karya Denny JA Diserahkan ke Gereja Katolik Santo Servatius

Setelah dari Papua Nugini, kemudian ke Timor Leste, Dili pada 9-11 September 2024 dan Singapura pada 11-13 September 2024.

Perjalanan tersebut menjadi perjalanan apostolik ke luar negeri ke 43 bagi Paus yang berasal dari Argentina. ***
 

Berita Terkait