DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Paralimpiade Paris 2024: Indonesia Raih Medali Perak Pertama

image
Saptoyogo Purnomo meraih medlai perak pertama bagi Indonesia di ajang Parilimpiade Paris 2024 (Instagram.com/NPCIndonesia)

SPORTYABC.COM – Kontingen Indonesia berhasil meraih medali pertama Paralimpiade Paris 2024 dari cabang olah raga para atletik

Adalah Saptoyogo Purnomo yang mencetak sejarah dengan merebut mdali perak cabang para atletik nomor 100 meter putra T37 Paralimpiade Paris 2024  yang berlangsung di Stade de France, Paris Jumat 30 Agustus 2024 waktu setempat.

Saptoyogo Purnomo catatkan waktu 11,26 detik dan dfini berada di belakang Ricardo Gomes de Mendonca dari Brasil yang catatkan waktu 11,07 detik.

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Dibatalkannya RUU Pilkada dan Pentingnya Kompetisi Politik

Medali perunggu jatuh ke tangan Andrei Vdovin dari Neutral Paralympic Athletes (NPA), yang merupakan nama yang digunakan untuk mewakili atlet Rusia dan Belarusia yang disetujui di Paralimpiade.

Medali perak yang diraih oleh Saptoyogo  Purnomo ini sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia karena Saptoyogo Purnomo adalah atlet para atletik pertama dalam 48 tahun terakhir yang berahsil merebut medali perak pertama untuk nomro 100 meter putra.

Terakhir Indonesia meraih medali perak dari cabang para Atletik 100 meter putra melalaui Ashari melakukannya di Palimpiade Toronto 1976.

Baca Juga: Paralimpiade Paris 2024: yuk, Kenalan dengan Leani Ratri Oktila Atlet Para Badminton yang Mengukir Sejarah

"Selamat kepada Sapto Yogo Purnomo yang telah mengukir prestasi luar biasa sebagai peraih medali perak pertama Indonesia di ajang Paralimpiade Paris 2024!"

"Keberanian dan kerja kerasmu menginspirasi kita semua! Setiap detik perjuangan, setiap peluh yang tercucur, telah membuahkan hasil yang membanggakan. Terima kasih sudah membawa nama Indonesia ke panggung dunia. Mari kita dukung dan rayakan pencapaian ini!" tulis CdM Paralimpiade Indonesia, Reda Manthovani, usai Indonesia sukses merebut medali pertama.

Dengan keberhasilan Saptoyogo Purnomo meraih medali perak membuat Kontingen Indonesia berada di peringkat 33 klasemen sementara peroleha medali Parilimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Indonesia berada di atas negara negara seperti Kanada, Thailand, Argentina hingga Swiss.
 

Berita Terkait