DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Paralimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka

image
Kontingen Indonesia dalam acara defile pembukaan Paralimpiade Paris 2024 (youtube.com/Paralympic)

SPORTYABC.COM – Presiden Prancis Emmanuel Macron secara resmi membuka Paralimpiade 2024 di Paris digelar dengan meriah dan penuh warna.

Opening pembukaan Paralimpiade Paris 2024 terasa spesial karena dilangsungkan di jalan raya ikonik Kota Paris, Place de la Concorde

Defile negara peserta menandai dimulainya 11 hari kejuaraan yang akan diikuti oleh sekitar 4,400 atlet dari 168 delegasi di dunia.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: NOC Indonesia Rilis Seragam Resmi Kontingen Merah Putih Karya Putra Prabowo Subianto

Menariknya untuk pertama kali dalam sejarah gelaran Paralimpiade, upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 diadakan di luar stadion dengan ditonton sekitar 30,000 penonton 

Kontingen Indonesia sendiri di wakili oleh 35 atlet Paralimpiade Paris 2024, 13 ofisial dan enam anggota Chef de Mission untuk Paralimpaide Paris 2024.

Dalam defile peserta, Leli Marlin atlet para tenis meja dan Muhammad Fadli Imammuddin dari cabang para balap sepeda didaulat dengan kehormatan membawa bendera Merah Putih. 

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Pembawa Bendera Merah Putih, Maryam March Maharani

Kontingen Indonesia dalam defile pembukaan Paralimpiade Paris 2024 ini menunjukkan kekayaan budaya Nusantara, dengan menampilkan baju adat Indonesia dan kain tenun ikat dan lurik.

Acara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Prancis Lucky Love yang kehilangan lengan sebelah kirinya.

Dengan membawakan lagu ‘My Ability’ diiringi barisan penari di antaranya merupakan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kontingen Indonesia Berdefile Berbagi Kapal dengan Iran dan India

"Saya menyatakan Paralimpiade dibuka," ucap Presiden Perancis, Emmanuel Macron. 

Penyalaan obor di Jardin Tuileries menjadi simbol dimulainya Paralimpiade 2024 yang akan menggunakan 18 dari 35 venue Olimpiade 2024, termasuk Grand Palais dan Stade de France. ***
 

Berita Terkait