DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Kabar Duka, Ekonom Senior Faisal Basri Meninggal Dunia

image
Ekonom senior Faisl Basri (Antara / Wahyu Putro A)

SPORTYABC.COM – Kabar duka menyelimuti dunia ekonomi Indonesia karena kehilangan salah satu eknonom terbaik yang dimiliki bangsa ini yaitu Faisal Basri.

Kabar yang beredar di kalangan para pewarta, Faisal Basri meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan pada hari ini Kamis 5 September 2024 pukul 03.50 WIB dalam usia 65 tahun.

dan juga kabar Faisal Basri akan dimakamkan siang ini berangkat dari Masjid Az Zahra, Gedung Peluru, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Kalangan Duta Besar Hadiri Pameran Lukisan Karya Denny JA Tentang Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia

Sebagaimana dikutip dari laman LPEM FEB UI, Faisal Basri adalah ekonom dan politisi alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Dirinya juga salah seorang keponakan dari Wakil Presiden RI Adam Malik.

Faisal Basri selesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI pada tahun 1985 dan meraih gelar Master of Arts bidang Ekonomi di Vanderbilt, University Nashvillle, Tennessee, Amerika Serikat (1988)

Dirinya juga pengajar pada fakultas almamaternya untuk mata kuliah Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan dan Sejarah Pemikiran Eknomi sejak tahun 1981.

Baca Juga: Berikut Ini Rekayasa Lalu Lintas Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

Faisal Basri juga pengajar pada program Magister Akuntansi, Program Magister Manajemen, Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan atau MPKP.

Serta Program Pascasarjana Universitas sejak tahun 1988, selain mengajar dirinya pernah diamanatkan menjadi ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FEB dari 1995 hingg 1998.

Kemudian, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta dari 1999 hingga 2003, lalu mendirikan Institute for Development of Economic & Finance atau dikenal dengan INDEF pada tahun 1995 hingga 2000.

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Faisal Basri pun juga terlibat dalam pemerintahan dengan menjadi anggota tim ‘ Perkembangan Perekonomian Dunia’ pada Asisten II Meneti Koordinator Bidang Ekuin pada 1985 hingga 1987 dan anggota Tim Asistensi Presiden RI pada tahun 2000. ***
 

Berita Terkait