DECEMBER 9, 2022
Olahraga

MotoGP San Marino 2024: Marquez Juara Kalahkan Bagnaia

image
Ekspresi kegembiraan Marc Marquez usai merebut juara MotoGP San Marino 2024 dengan sukses menyalip Francesco Bagnaia (x.com/MotoGP)

SPORTYABC.COM – Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez menjadi yang pertama dalam balapan utama MotoGP San Marino 2024 usai kalahkan Francesco Bagnaia yang harus puas di peringkat dua.

Marc Marquez berhasil jadi pemenang MotoGP San Marino 2024 yang berlangsung di Sirkut Misano, Italia Minggu 8 September 2024 malam WIB.

Balapaan MotoGP San Marino berlangsung sengit sejak awal dimulai dari pemilik pole sitter, Francesco Bagnaia susesk pertahankan posisi terdepan meski Jorge Martin berusaha melakukan manuver pada putaran pertama.

Baca Juga: Hasil MotoGP Austria 2024: Bagnaia Jadi yang Pertama, Marquez Tampil Menggila

Francesco Bagnaia terus memimpin balapan setidaknya hingga lima putaran dengan dibuntuti oleh duo Pramac Racing, Jorge Martin dan Franco Mrobidelli.

Sayang Morbidelli alami kecelakaan pada tikungan satu di putaran ketujuh, namun tak lama kemudian, Jorge Martin membuat kejutan dengan putuskan masuk ke pit stop untuk ganti sepeda motornya kerena sempat gerimis, bendera kuning pun dikibarkan.

Keputusan Jorge Martin mengganti motonya sangat merugikan karena sesaat kemudian gerimisnya pun berhenti, alhasil pebalap Spanyol ini gagal meraih podium dan tertinggal cukup jauh dari posisi terdepan.

Baca Juga: 3 Propinsi di Papua Ubah Kode Registrasi Pelat Nomor Kendaraan Bermotor

Pada putaran ke 10, Marc Marquez berhasil melesat dan menyalip Francesco Bagnaia untuk memimpin balapan,

Francesco Bagnaia mencoba kembali menyalip di tikungan 14 namun kalah cepat dari Marc Marquez

Pada putaran ke 15,  Marc Marquez semakin menjauh dan unggul 0,5 detik dar Francesco Bagnaia yang menguntit di belakangnya.

Baca Juga: Marc Marquez Juara Sprint Race MotoGP Aragon 2024, Bagnaia Kesembilan

Di putaran ke 20, Marc Marquez semakin nyaman tanpa gangguan di posisis terdepan karena berjarak hingga 1 detik dengan Francesco Bagnaia yang terus tancap gas namun tak mampu mengejar kecepatan yang dilakukan oleh Marc Marquez.

Keunggulan Marc Marquez tak terbendung hingga balapan usai, Marc Marquez berhasil keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 41 menit 52, 083 detik, sementara duo Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini tempati peringkat dua dan tiga.

Kemenangan di MotoGP San Marino 2024 menjadi kemenangan back to back atau kedua secara beruntutn setelah sebelumnya menangi MotoGP Aragon.

Baca Juga: Tafsir Hermeneutika Lukisan Denny JA: Menyingkap Makna Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Hasil ini membuat persaingan MotoGP 2024 semakin memanas karena Francesco Bagnaia setidaknya berhasil memangkas jarak dari Jorge Martin di klasemen, sementara Marc Marquez sekain mendekati dua besar. 

Berikut ini 10 Besar Hasil MotoGP San Marino 2024
1. Marc Marquez 41 menit 52,083 detik
2. Francesco Bagnaia +3.102
3. Enea Bastianini +5.428
4. Brad Binder +14.185
5. Marco Bezzecchi +16.725
6. Aalex Marquez +17.582
7. Fabio Quartararo +17.642
8. Jack Miller +19.327
9. Fabio Di Giannantonio +27.946
10. Pol Espargaro +38.781. ***

Sumber: MotoGP

Berita Terkait