DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Jawa Timur, Lampung Raih Emas Tenis Meja Beregu

image
Ekspresi kegembiraan atlet tenis meja Lampung Akh Dahlan Haruri yang menjadi penentu kemenangan atas Jawa Timur dalam tenis meja beregu PON XXI Aceh-Sumut 2024 dan berhak mendapatkan medali emas (Pon20924.id)

SPORTYABC.COM – Kontingen Lampung berhasil menambah pundi medali PON XXI Aceh-Sumut 2024 kali ini emas berasal dari cabor tenis meja kategori putra usai kalahkan Jawa Timur dengan dramatis 3-2.

Berlaga di GOR Angsapura, Jl AR Hakim Medan, membuat Lampung berhak meraih medali emas PON XXI Aceh-Sumut 2024 setelah kalahkan Jawa Timur dengan sengit dan skor akhir 3-2.

Laga pun berjalan sangat ketat, Lampung dan Jawa Timur sempat imbang 2-2 hingga akhirnya Akh Dahlan Haruri turun sebagai penentu kemenangan berhasil kalahkan Hafidh Nur Annafi dalam laga yang penuh dengan ketegangan.

Baca Juga: Inilah Makna dan Filosofi Logo PON XXI Aceh-Sumut 2024

Haruri pastikan kemenangan usai taklukkkan Affan Mauludana Pratama dengan skor 3-2 sekaligus menjadi poin kemenangan bagi Lampung dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Terkait dengan kemenangan Lampung, sang pelatih Hadi Yudo tidak dapat menyembunyikan kebanggaannya atas pencapaian timnya.

“Perasaan saya puas sekali, saya sangat mengapresiasi perjuangan anak-anak dan seluruh tim pendukung kami. Target awal kami sebenarnya hanya lolos ke semifinal, tapi ternyata Tuhan berkehendak lain,” 

Baca Juga: Kunci Sukses Denny JA di Semua Bidang Ada dalam Buku Terbarunya

“Kita yang juara. Terima kasih, itu target kami memang semi final, tapi saya selalu tanamkan ke anak-anak bahwa Lampung harus juara,” ujar Hadi dengan penuh haru.

Keberhasilan ini semakin spesial karena Lampung tidak difavoritkan sejak awal. Namun, mereka mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik, mengalahkan tim-tim unggulan tanpa terkalahkan sejak babak penyisihan. 

“Anak-anak bermain luar biasa, mereka bermain dengan kebebasan dan keleluasaan sejak awal. Kita kalahkan semua tim unggulan, termasuk Jawa Timur,” ujarnya.

Baca Juga: PON XXI Aceh – Sumut 2024: Menang Tipis, Tim Futsal Kalimantan Timur Raih Medali Emas

Sementara itu, Akh Dahlan Haruri mengungkapkan betapa tegangnya situasi saat laga penentu. 

“Yang pasti kita tegang, tremor, cuma kita berdoa, ingat keluarga, ingat tanggung jawab. Itu semua buat nenangin hati. Sempat memimpin, lalu tertinggal, tapi saya coba untuk tetap tenang. Ketenangan jadi kunci kemenangan ini,” kata Haruri. 

Dirinya juga menambahkan bahwa kemenangan ini menjadi lebih berarti karena Lampung awalnya tidak difavoritkan untuk menjadi juara beregu.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Ziarah ke Borobudur

Keberhasilan ini tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan tim Lampung, termasuk program pelatihan khusus di Cina selama 40 hari dan mendatangkan pelatih serta sparring partner dari Cina selama 10 hari. 

“Ini buah dari kerja keras kami selama ini, dan saya bersyukur kita bisa membuktikan bahwa Lampung mampu bersaing di tingkat nasional,” kata Haruri.

Setelah kemenangan ini, Lampung masih akan berjuang di nomor perorangan, baik tunggal maupun ganda putra, dengan harapan menambah perolehan medali. 

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Lifter Nurul Akmal Jadi Penyulut Api pada Pembukaan

"Besok undian perorangan. Target kita di sektor putra minimal semifinal, syukur-syukur bisa jadi emas lagi," ujar Hadi optimis.

Pada kategori itu, Jawa Timur harus puas meraih medali perak, sedangkan Jawa Barat dan DKI Jakarta harus puas di tempat ketiga dan meraih perunggu, sebagaimana dilansir dari laman resmi PON XXI Aceh-Sumut 2024.
 

Sumber: PON2024.id

Berita Terkait