DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Hanya Berikan Satu Poin, Graham Arnold Tinggalkan Timnas Australia

image
Graham Arnold dalam sebuah wawancara (Socceroos.com.aui)

SPORTYABC.COM – Pelatih timnas Australia, Graham Arnold dikabarkan putuskan meninggalkan jabatannnya usai tim asuhannya bermain imbang dengan timnas Indonesia dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pengumuiman mundurnya Graham Arnold dari timnas Australia diumumkan Asosiasi Sepak Bola Australia Jumat 20 September.

Graham Arnold mundur dari timnas Australia dengan rentang 10 har usai timnas Australia bermain imbang dengan timnas Indonesia tanpa gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno Selasa 10 September 2024.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes Menakjubkan, Timnas Indonesia Raih Poin Kedua

"Sepak bola Australia mulai mencari pelatih baru menjelang kualifikasi [Piala Dunia zona] AFC Asia Oktober," tulis timnas Australia.

"Graham Arnold, pelatih terlama dalam sejarah Socceroos, akan segera meninggalkan jabatannya sebagai pelatih kepala."

Dalam rilis yang beredar, Graham Arnold yang berusia 61 tahun sampaikan rencana mundur dari jabatan pelatih Jackson Irvine cs pada awal pekan.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Usai Ditahan Imbang Timnas Indonesia, FA Australia Pastikan Posisi Graham Arnold Aman

"Arnold memberi tahu Sepak Bola Australia awal minggu ini tentang keputusannya untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut, yang diterima oleh Dewan, Sepak Bola Australia sekarang fokus untuk menunjuk pelatih kepala baru menjelang jendela kedua Kualifikasi AFC Asia Putaran Ketiga - Menuju 2026 pada bulan Oktober."

Seperti kita ketahui Australia memulai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tren negatif dimana kalah dari Bahrai 0-1 pada pertandingan pertama di Robina Stadium, Gold Coast.

Kemudian pada laga kedua, Australia hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan timnas Indonesia yang nota bene rangking FIFA paling rendah di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Ayah, Semoga Abu Jasadmu Sampai ke Pantai Indonesia

Padahal target Australia membidik enam poin dari dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, namun fakta dilapangan hanya mampu raih satu poin  dari dua laga.

Dan lebih mirisnya adalah posisi Australia kini berada di peringkat kelima klasemen sementara Grup C Kualifkasi Piala Dunia 2026 di bawah timnas Indonesia.

Akibat hasil negatif dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat posisi Australia di rangking FIFA pun berdampak bahkan menjadi perhatian khusus badan sepak bola tersebut dalam laporang rangking FIFA terbaru.

Baca Juga: Rafael Struick Resmi Gabung Klub Australia Milik Bakrie Group

Kenapa menjadi perhatian FIFA karena Australia harus kehilangan 26,99 poin dan harus puas turun satu tingkat menjadi peringkat 25 dunia menurut rangking FIFA bulan September 2024. ***

Sumber: Socceroos

Berita Terkait