DECEMBER 9, 2022
News

Mau Menonton Peringatan HUT TNI ke 79 di Monas, Ini Panduan dan Urutan Acaranya

image
salah satu atraksi yang akan ditampilkan dalam puncak acara HUT TNI ke 79 di Lapangan Silang Monas, Jakarta pada Sabtu 5 Oktober 2024 (x.com/Puspen_TNI)

SPORTYABC.COM – Puncak peringatan HUT TNI ke 79 akan berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu 5 Oktober 2024 

Terdapat sejumlah acara yang meriahkan peringatan HUT TNI ke 79 ini dari pagi hingga malam hari termasuk konser musik yang menghadirkan band dan musisi papan atas tanah air.

Berikut ini panduan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan HUT TNI ke 79 hari ini di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Shakhtar Sumbang Rp 377 Miliar ke Tentara Ukraine, Setelah Menjual Pemain ke Chelsea

1. Dapat masuk lewat pintu mana saja

Untuk bisa menikmati hiburan ketika peringatan HUT TNI ke 79, warga harus masuk terlebih dahulu ke kawasan Monas, namun jangan sedih dan khawatir karena TNI membuka semua akses pintu masuk di sekitar Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat

Seluruh rangkaian acara puncak peringatan HUT TNI ke 79 akan dimulai pada pukul 07.30 WIB, dan semua pintu sudah diatur oleh polisi militer dan polisi lalu lintas.

Baca Juga: Jelang Kedatangan Paus Fransiskus, TNI Polri Siapkan Pengamanan Khusus

2. Dimulai dengan upacara

Puncak peringatan HUT TNI ke 79 pada Sabtu 5 Oktober 2024 ini dimulai dengan doa dan upacara yang akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selalu Inspektur Upacara.

Tema peringatan HUT TNI ke 79 tahun ini adalah TNI Bersama Raya Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinaan Nasional untuk Indonesia Maju

Baca Juga: Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar Sebut AI Dapat Membantu Pelaku UMKM Membuat Keputusan Bisnis Lebih Baik

Dalam  peringtan puncak HUT TNI ke 79, TNI akan memamerkan sebanyak 1,059 alutsista yang terdiri dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

3. Demo Gabung TNI

Usai gelaran upacara selesai akan ada pertunjukan demo dari gabungan matra TNI dimana pada pukul 08.58 WIB ada demo terjun free fal yang dilakukan oleh 200 satuan gabungan TNI.

Baca Juga: Liga Europa: Drama 6 Gol, Harry Maguire Selamatkan Manchester United dari Kekalahan

Kemudian pada 09.14 WIB ada demo pasukan berkuda dan pada pukul 09.20 WIB akan ada demo drone oleh gabungan matra TNI.

4. Demo pesawat

Masih butuh hiburan lagi, dalam puncak perayaan HUT TNI ke 79 akan ada demo pesawat Jupiter Aerobatic Tim (JAT) TNI yang mengudara pada pukul 09.28 WIB.

Baca Juga: Ada Peringatan HUT TNI ke 79, Berikut Ini Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Monas

Dalam puncak perayaan HUT TNI ke 79 ini masyarakat juga bisa menyaksikan aksi dari para prajurit TNI menunjukkan kemampuan dan kebolehannya menggunakan senjata, bela diri dan kemudikan pesawat tempur.

5. Defile Pasukan

Acara kemudian dilanjutkan dengan defile pasukan yang melibatkan ratusan pasukan TNI dari ketiga matra dengan lintas kesatuan dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Puisi Denny JA: Dilema di Tanah Asing

Usai defile pasukan dilanjutkan dengan defile alutsista dimana sejumlah alutsista akan ditampilkan dan dikemudikan oleh para pasukan TNI.

Ketika momen defile ini akan ada pertunjukkan sailing pas secara virtual oleh KRI dari TNI Angkatan Laut yang dilanjutkan fly pass gabungan yang akan dipertunjukkan pada pukul 10.20 WIB dengan pertunjukkan high speed oleh pesawat TNI AU

Pesawat TNI AU ini sendiri terdiri dari 10 buah F-16 dan 1 pesawat Sukhoi dengan dog fight pesawat TNI AU 2 buah F-16 melawan 1 pesawat Sukhoi.

6. Pemotongan tumpeng raksasa

Sebagaimana menjadi tradisi dan kebiasaan negeri ini acara ulang tahun tidaklah lengkap rasanya bila tidak ada pemotongan tumpeng.

Dalam puncak peringatan HUT TNI ke 79 akan ada sesi pemotongan tumpeng raksasa di sela sela hiburan pertunjukkan musik.

Bila melihat susunan acara, pemotongan akan berlangsung pada 10.47 WIB dimana tumpeng akan dibawa ke depan duduk Presiden Joko Widodo, kemudian pembawa acara akan mengundang masyarakat terpilih untuk naik ke atas nimbar kehormatan.

Tumpeng pun kemudian dipotong oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

7. Panggung Hiburan dengan Artis Lintas Genre

Sejumlah band dan musisi papan atas negeri ini ikut meriahkan puncak acara HUT TNI ke 79 yang dimulai pada 10.40 WIB yang dibuka oleh penampulan Ari Lasso yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng.

Usai pemotongan tumpeng barulah hiburan musik disajikan dengan penampilan dari DEWA 19 kemudian Slank, Bebizie, NDX A.K.A. hingga Angga Dermawan.

Acara musik hiburan ini sesuai rencana akan selesai pada pada pukul 22.30 WIB

8. Makan gratis dan bagi sembako

Kemeriahan puncak acara HUT TNI ke 79 semakin meriah dengan adanya makan graatis serta pembagian sembako untuk masyarakat yang hadir.

Tentunya hal ini menambah keseruan usai adanya pemotongan tumpeng raksasa yang akan dipotong bersama oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo/

9. Warga bisa naik tank

Dalam acara puncak peringatan HUT TNI ke 79, TNI berikan kesempatan Cuma Cuma kepada warga untuk naik tank harimau hingga panser selain bisa menyaksikan langsung atraksi yang akan disuuguhkan oleh para prajurit TNI.

Nantinya alat utama sistem senjata atau Alutsista akan dipamerkan dan masyarakat dapat menyaksikan secara langsung dari dekat ketika parade berlangsnung.

Karena itulah, TNI mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan meriahkan HUT TNI ke 79 yang berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta. ***
 

Sumber: X

Berita Terkait