DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Ukraina Sukses Menang Comeback atas Slovakia

image
Para pemain Ukraina memberikan standing applaus kepada para pendukung setianya usai laga melawan Slovakia dalam lanjutan laga kedua Piala Eropa 2024 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga kedua Grup E Piala Eropa 2024 hadirkan Slovakia melawan Ukraina yang berakhir dengan kemenangan Ukraina dengan skor 1-2.

Laga kedua Grup E Piala Eropa 2024 antara Slovakia melawan Ukraina berlangsung di Dusseldorf Arena, Dusseldorf Jumat 21 Juni 2024.

Slovakia langsung menekan lini pertahanan Ukraina sejak wasit Michael Oliver dari Inggris membuka laga.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Borneo FC Perkenalkan Ari Maring Jadi Rekrutan Perdana

Pada menit ke 11, Slovakia nyarais mencetak gol, berawal dari Ondrej Duda kirimkan bola dari sebelah kiri untuk Ivan Schranz, sang pencetak gol Slovakia ke gawang belgia.

Namun kiper pengganti, Anatliy Trubin membuat penyelamatan gemilang di tiang dekat untuk membendung tendangan Schranz.

Trubin membuat penyelamat gemilang kembali pada menit ke 15 untuk tendangan bebas David Hancko. Serangan Slovakia akhirnya berbuah hasil pada menit ke 17, berawal dari sisi kiri pertahanan Ukraina, Lukas Haraslin kirimkan umpan silang yang mencapi Schranz di tiang jauh,

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sastra Memberikan Suara Kepada Mereka yang Sering Terpinggirkan

Schranz sukses cetak gol keduanya di Piala Eropa 2024 dengan sundulan yang tidak mampu di tepis oleh Trubin.

Pada menit ke 28, Ukraina mendapatkan kesempatan bagus untuk samakan kedudukan,  usai menerima bola dari Mykhilo Mudryk,  Artem Dovbyk lewati pengawalnya namun upaaynya di blok pemain belakang Slovakia lainnya.

Kans didapatkan kembali oleh Ukraina pada menit ke 34 ketika bola tendangan mendatar Oleksandr Tynchyk dapat ditepis oleh Martin Dubravka sehingga hanya mengenai tiang gawang

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Nova Arianto Debut, Timnas Indonesia Bantai Singapura

Pada menit ke 38, Mudryk terlalu lama menentukan pilihan dalam menendan sendiri atau mengumpan sehingga Dubravka bisa memblok sepakannya.

Jelang turun minum, Dubravka kembali beraksi dengan penyelamatannya, pada menit ke 44 dirinya amankan tendangan bebas Oleksandr Zinchenko,

Hingga wasit Micheal Oliver dari Inggris meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan keunggulan Slovakia atas Ukraina.

Lepas turun minum, Ukraina tampil menekan dan berhasil samakan skor di menit ke 54, berawal dari serangan balik cepat yang diinisiasikan oleh Mudryk, bola akhirnya diumpan Zinchenko dari kiri ke tengah kotak penalti.

Di sana terdapat Mykola Shaparenko yang menunggu tanpa ada pengawalan dari bek Slovakia. Dengan mudah, tendangan kaki kiri Shaparenko kirimkan bola yang mengoyak jala Dubravka, 1-1 untuk Ukraina.

Ukraina terus menekan lini pertahanan Slovakia untuk samakan kedudukan , pada menit ke 74 serangan balik cepat Ukraina mengancam Slovakia namun Mudryk gagal menyelesaikan serangan tersebut.

Dirinya masuk ke areal penalti dan lepaskan tendangan namun sudutnya terlalu sempti sehingga Dubravka bisa amankan bola.

Ukraina berbalik unggul menjadi 2-1 pada menit ke 80, bola di kirim jauh ke kotak penalti dari sebelah kanan oleh Shaparenko.

Sukses mencapai bola lebih dulu dari pengawalnya, Rioman Yaremchuk control bola dengan sentuhan pertama,

Sentuhan keduanya, membuat bola menjauhi Dubravka yang maju menutup ruang tembak sekaligus menggelinding mendekati gawang.,

Milan Skriniar mencoba menyapu namun bola sudah keburu masuk ke gawangnya 1-2 untuk Ukraina.

Waktu tambahan 5 menit diberikan wasit Michael Oliver namunt idak ada gol yang tercipta, dan akhirnya Ukraina mampu kalahkan Slovakia 

Cukup menarik bila melihat peta situasi Grup E ini, Ukraina sukses samai perolehan Slovakia dan Rumannia sebelum laga Belgia melawan Rumania yang akan dimainkan besok  ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait