DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Ronaldo Sumbang Assist, Portugal Tatap 16 Besar

image
Pelatih Turki Vincenzo Montella berikan keterangan kepada pewarta usai laga Turki melawan Portugal yang berakhir dengan kemenangan Portugal dengan skor 0-3 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga kedua Grup F Piala Eropa 2024 pertemukan Turki melawan Portugal yang berakhir dengan kemenangan Portugal 0-3 

Laga kedua Grup F Piala Eropa 2024 antara Turki melawan Portugal berlangsung di Stadion BVB Dortmund, Dortmund Minggu 23 Juni 2023 dini hari.

Portugal langsung menekan lini pertahanan Turki begitu wasit Felix Zwayer dari Jerman membuka laga. Portugal ciptakan peluang lewat Cristiano Ronaldo yang lepaskan tendanan dari luar kotak penalti pada menit ke 2

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Namun usaha mantan megabintang Juventus ini masih digagalkan oleh Altay Bayindir yang mengawal gawang Turki.

Pada menit ke 6, Turki berusaha menekan sisi kanan pertahan Portugal melalui Zeki Celik, kemudian lepaskan umpan lambun namun Karem Artukoglu gagal menjangkau bola.

Portugal pun unggul lebih dulu pada menit ke 21, berawal dari Nuno Mendes memulai serangan dari kiri pertahanan Turki, namun bola operannya masih mengenai kaki Abdulkerim Bardakci,

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Cristiano Ronaldo Melempem, Anak Pelatih Porto FC Bawa Portugal Menang Comeback

Bola dari Mendes ini masih bergulir di arah kotak penalti Turki, namun dilewatkan oleh Cristiano Ronaldo namun ada Bernardo Silva yang dengan cepat mengambil bola tersebut.

Tendangan Silva gagal diantisipasi oleh Bayindier membuat Portugal unggul 1-0 atas Turki. Tertinggal bukannya tingkatkan intesitas penyerangan malah konsentrasi para pemainnya buyar.

Hal inilah dimanfaatkan Portugal lewat kesalahan fatal yang dilakukan oleh para pemain Turki pada menit ke 28.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Nova Arianto Umumkan 23 Pemain Timnas Indonesia

Joao Cancelo berlari dari tengah lapangan berusaha kirimkan bola kepada Ronaldo, namun operannya kurang akuran sehingga masih bisa diamankan oleh Samet Akaydin,

Namun sang bek tenah melakukan kesalahan fatl dengan mengoper bola langsung kepada Altay Bayindir yang sudah menginstruksikannya untuk diam.

Bola pun bergulir dan berhasil melewati garis gawang meski pemain Turki melakukan usahan terakhir untuk membuang bola.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Eka Budianta: Peluang Menjadi Sastrawan Kini Semakin Terbuka

Momentum ini semakin tegaskan situasi gol bunuh diri sebagai kejadian langganan selama Piala Eropa 2024.
Hingga tambahan waktu berakhir dan wasit Felix Zwayer dari Jerman menutup laga babak pertama dengan keunggulan Portuga atas Turki.

Lepas dari kamar ganti, Portugal terus tingkatkan penyerangan ke lini belakang Turki dan akhirnaya mendapatkan gol ketiga

Hal inilah yang mebuat Roberto Martinez kembali bisa bersorak dari pinggir lapangan untuk gol ketiganya tim asuhannya pada menit ke-55.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sastra Memberikan Suara Kepada Mereka yang Sering Terpinggirkan

Kesalahan pemain Turki menjaidi ‘aktor’ dari gol ketiga dari Selecao das Quinas ini, berawal dari Cristiano Ronaldo berlari mendekati bola yang gagal dikuasai oleh pemain Turki.

Dimana nyaris semua barisan pertahanan Turki berada di depan, akibatnya Ronaldo pun tidak terkawal sama pemain Turki sekalipun,

Ronaldo meloihat Altay Bayindir sudah mengantisipasi tendangannya kemudian memilih mengoper kepada Bruno Fernandes.

Bruno Fernandes pun tanpa kesulitan langsung teruskan bola menjadi gol dari jarak dekat, gol dari Bruno Fernandes sangat berarti bagi Portugal di Piala Eropa 2024.

Karena golnya Portugal mengunci kemenangan dan pastikan satu tiket ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 dengan mengunci juara Grup F.

Hingga wasit Felix Zwayer meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dengan kedudukan 0-3 untuk Portugal.

Portugal pun melenggang ke babak 16 besar Euro 2024 dengan status yang tidak main-main bermodalkan 6 poin dari 2 partai awal.***

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait