DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024 : 3 Gol Romelu Lukaku Dianulir VAR, Belgia Raih Kemenangan Perdana

image
Kapten timnas Belgia, Kevin De Bruyne memberikan aplaus kepada para penonton yang hadir di Cologne Stadium usai laga melawan Rumania yang dimenangkan oleh Belgia dengan skor 2-0 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga kedua Grup E Piala Eropa 2024 pertemukan Belgia melawan Rumania yang berakhir dengan kemenangan Belgia dengan skor 2-0.

Laga kedua Grup E Piala Eropa 2024 antara Belgia melawan Rumania berlangsung di Cologne Stadium, Cologne Minggu 23 Juni 2024 dinihari WIB

Belgia langung menekan lini pertahanan Rumania sejak wasit Szymon Marciniak dari Polandia membuka laga.

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Dan dalam waktu 2 menit lepas kick off Belgia membuka keunggulan atas Rumania adalah Youri Tielemans yang menjadi sosok dari gol tersebut.

Berawal dari umpan yang disodorkan Jeremy Doku untuk Romelu Lukaku di areal kotak penalti. Dengan posisi belakangi gawang, Lukaku kemudian bagikan bola kepada Tielemans yang berlari mendekat kotak penalti.

Tanpa control bola, gelandang Aston Villa ini langsung lesakkan tendangan keras yang mengoyak di pojok kanan bawah gawang, 1-0 untuk Belgia.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Bali United Perkenalkan Mitsuru Maruoka

Kaget dengan gol cepat Belgia, Rumania langsung tingkatka intesitas penyerangan, tiga menit kemudian Radu Dragusin nyaris membawa Rumani menyamakan skor usai menyundul umpan silang Marius Marin di areal kotak 16.

Namun kiper Belgia, Koen Casteels dengan sigap menghalau bola hingga hanya hasilkan sepak pojok untuk Rumania,

Di menit ke 18, Belgia kembali peroleh peluang matang, disodori umpan matang dari Kevin De Bruyne, Dodi Lukebakio meliuk liuk bak ular didalam kotak penalti untuk memecah barisan pertahanan Rumania

Baca Juga: Bursa Transfer IBL Tokopedia 2024: Satria Muda Rekrut Elgin Cook

Usai mendapatkan ruang tembak dirinya lepaskan tendangan melengkung, namun bola tendangan Lukebakio ini melaju dengan deras namun masih bisa diantisipasi oleh Florin Nita.

Usai peluang tersebut, Belgia terus menggempur lini pertahanan Rumania namun tidak ada gol yang tercipta.
Hingga babak pertama dan wasit Szymon Marciniak dari Polandia menutup laga babak pertama dengan keunggulan 1-0 Belgia atas Rumania.

Keluar dari kamar ganti, Belgia tetap tingkatkan intensitas penyerangan mereka ke lini pertahanan Rumania.
Peluang didapat oleh Kevin De Bruyne pada menit ke 55,  dirinya mengancam gawang Rumania lewat tendangan dari dalam kotak penalti namun masih mampu ditagkap oleh Florin Nita.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sastra Memberikan Suara Kepada Mereka yang Sering Terpinggirkan

Di menit ke 64, Romelu Lukaku sempat getarkan jala Rumani usai teruskan umpan dari Kevin De Bruyne.
Namun gol tersebut dianulir VAR karena proses golnya diman Romelu Lukaku sudah berada dalam posisi offiside

Gol ke gawang Rumania adalah yang ketiga kalinya dibatalkan oleh VAR selama gelaran Piala Eropa 2024
Pada laga sebelumnya ketika Belgia kalah 0-1 dari Slovakia gol penyerang AS Roma tersebut dua kali dianulir oleh VAR.

Kembali ke laga Belgia melawan Rumania, tim asuhan Domenico Tedesco pun terus melakukan serangan ke lini pertahanan Rumania.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Nova Arianto Debut, Timnas Indonesia Bantai Singapura

Namun gol yang ditunggu pun akhirnya tiba jua pada menit ke 80 melalui Kevin De Bruyne dengan sebuah sontekan di areal penalti, 2-0 untuk Belgia.

Hingga tambahan waktu berakhir dan wasit Szymon Manciniak dari Polandia menutup laga dengan kemennangan Belgia atas Rumania .

Dengan hasil ini membuat Belgia berada di peringkat dua dengan torehan nilai 3 di bawah Rumania yang masih berada di peringkat pertama. ***

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait