DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Kalahkan Skotlandia, Hungaria Jaga Asa ke 16 Besar

image
Pelatih timnas Skotlandia, Steve Clarke memberikan standing aplaus kepada para pendukung Skotlandia yang hadir di Stuttgart Arena usai laga melawan Hungaria yang berakhir dengan kemenangan Hungaria dalam laga pamungkas Grup A Piala Eropa 2024 (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga pemungkas Grup A Piala Eropa 2024 pertemukan antara Skotlandia melawan Hungaria yang berkesudahan dengan skor 0-1 untuk Hungaria.

Laga pamungkas Grup A Piala Eropa 2024 antara Skotlandia melawan Hungaria berlangsung di Stuttgart Arena, Stuttgart Senin 24 Juni 2024 dinihari WIB

Hungaria langsung melakukan inisiatif penyerangan kepada lini belakang Skotlanddia sejak wasit Facundo Tello dari Argentina membuka laga.

Baca Juga: Copa America 2024 : Uruguay Kembali Panggil Luis Suarez

Hungaria pun menjaid tim pertama yang catatkan peluang pada menit ke 8, lewat tendangan jarak jauh Bendeguz Bolla yang dimentahkan oleh Angus Gunn dan menjaid satu satunya usaha tepat saasaran di babak pertama.

Kemudian umpan Dominik Szoboszlai  menjangkau Willi Orban yang menyelinap di kotak penalti Skotlandia namun sundulan Orban dari jarak sangat dekat di area kotak lima meter bola hanya melewati tiang gawang.

Wasit Facundo Tello dari Argentina pun menutup babak pertama dengan skor kacamata. Lepas dari kamar ganti, 

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Hungaria mendapatkan peluang lewat tendangan Rolland Sallai namun masih bisa diamankan oleh Angus Gunn.

Skotlandia mendapatkan peluang lewat pergerakan Che Adam yang sayangnya diakhiri dengan tendangan ngawur ke arah penonton.

Terjaid insiden di areal penalti Skotlandia antara Angus Gunn dengan Barnabas Varga dimana Gunn mencoba menjangkau bola namun terjaid benturan dengan penyerang Hungaria tersebut.

Baca Juga: Satupena akan Gelar Diskusi Mengenai Sastra, Demokrasi dan Lingkungan Kebudayaan, Bersama Penulis Senior Eka Budianta

Laga tertunda sembari wasit meninjau VAR kalau ada unsur pelanggaran yang bisa melahirkan tendangan penalti.

Namun setelah pengecekan selesai dan tidak ada tendangan penalti buat Hungaria membuat Varga harus di tandu keluar lapangan untuk menjalani perawatan medis,

Skotlandia klaim penalti ketika Stuart Armstrong terjatuh usai menerima umpan McTominay namun wasit Facundo Tello dari Argentina menilai pelanggaran karena Amstrong tampak menarik jersey Orban lebih dulu.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Satrio Arismunandar: Sastra Memberikan Suara Kepada Mereka yang Sering Terpinggirkan

Masuk waktu tambahan, Hungaria mendapatkan peluang emas beruntun melalui tendangan Szoboszlai yang diblok Gunn serta Kevin Csoboth yang mengenai tiang.

Puncak klimaks dari laga ini lahirnya gol Csoboth pada menit ke 90+1- untuk segel kemenangan dramatis bagi Hungaria.

Berawal dari Sepak pojok Skotlandia, umpan Sallai dan dintuntaskan dengan tendangan terakhir dalam pertandingan,.

Hingga tambahan waktu berakhir dan wasit Facundo Tello meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dengan kedudukan 1-0 untuk kemenangan Hungaria.

Dengan hasil ini membuat Hungaria menjaga asa mereka untuk melaju ke babak 16 besar lewat peringkat 3 terbaik. 

Sementara Skotlandia harus pulang lebih awal karena telan dua kali kekalahan dan sekali imbang. ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait