DECEMBER 9, 2022
Football

ASEAN Cup U16 2024: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Juara Tiga

image
Selebrasi ala Siu Cristiano Ronaldo diperagakan oleh Zahaby Gholy usai cetak gol ke gawang Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga ASEAN Cup U16 2024 (Youtube.com/@Indosiar)

SPORTYABC.COM – Laga perebutan tempat ketiga ASEAN Cup U16 2024 pertemukan  Vietnam melawan Timnas Indonesia yang dimenangkan Indonesia dengan skor 0-5.

Laga perebutan tempat ketiga ASEAN Cup U16 2024 antara Vietnam melawan Timnas Indonesia berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah Rabu 3 Juli 2024.

Timnas Indonesia mendominasi permainan dengan menekan lini pertahanan Vietnam sejak wasit Du Jianxin dari China

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Bahkan Timnas Indonesia berhasil ciptakan ancaman kepadad Vietnam sejak menit awal melalui peluang yang di dapat dari sepak pojok.

Seperti tendangan yang dieksekusi oleh Dafa Zaidan itu tertuju pada I Putu Panji Apriawan yang tanpa terkawal oleh pemain Vietnam.

Setelah itu di umpankan kembali ke Dafa dan melihat Andi Faith Jamaludin tak terkawal di sisi kiri pertahanan Vietnam pun langsung diberi bola melalui umpan lambung.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Andi pun mencoba menerima bola langsung menendan melalui tendangan salto namun bola masih tepat sasaran dalam dekapan Hoa Xuan Tin.

Timnas Indonesia masih tetap menguasai permainan hingga masuki menit ke 10 namun belum ada gol yang mampu mencetak gol.

Vietnam mencoba melakukan serangan ke pertahanan Timnas Indonesia namun masih cukup kesulitan karena solidnya pertahanan tim asuhan Nova Arianto.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Okky Madasari: Fiksi Bisa Terinspirasi dari Kejadian Nyata, Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Walaupun pada menit ke 20, Vietnam sempat menggempur pertahanan Timnas Indonesia namun rapat dan disiplinnya pertahanan Garuda Muda membuat mereka belum jua mencetak gol.

Terlihat jual beli serangan dari kedua tim hingga masuki menit ke 35, namun belum ada juga gol yang tercipta.
Bahkan Timnas Indonesia beberapa kali mendapatkan peluang namun belum juga menjadikan peluang tersebut menjadi gol.

Jelang babak pertama berakhir Timnas Indonesia akhirnya dapat memecahkan kebuntuan tepatnya di menit ke 45, lewat Muhamad Zahaby Gholy usai membawa bola seorang diri hingga pertahanan Vietnam

Baca Juga: Denny JA Terbitkan Buku: Dengan Science, Memenangkan Pilpres 2024, Transkrip 100 Video Ekspresi Data

Bahkan tanpa ada penjagaan dari para pemain Vietnam dan mampu mengecoh Hoa Xuan Tin dan membuat Timnas Indonesia unggul 1-0.

Tidak cukup 0-1 untuk Timnas Indonesia, tim asuhan Nova Arianto pun menmbah sebuah gol kembali jelang bubaran.

Pada menit ke 45+3, giliran Dafa catatkan namanya di papan skor menjaid 0-2 menendang dari luar kotak penalti yang langsung menghujam gawang Hoa Xuan Tin untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Copa America 2024: Sikat Bolivia, Panama Sukses Melangkah ke Perempat Final

Hingga tambahan waktu berakhir dan wasit Du Jianxin dari China meniupkan peluit tanda babak pertama usai dengan kedudukan 0-2 untuk Timnas Indonesia.

Lepas dari kamar ganti, ritme permainan Timnas Indonesia tidak berubah bahkan semakin meningkat
Namun hingga menit ke 53 belum ada juga peluang yang menjadikan gol bagi kedua tim, namun pada menit ke 54, Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas yang didapat oleh tim asuhan Nova Arianto tersebut.

Namun peluang dari tendangan bebas hingga sepak pojok yang didapatkan tidak menghasilkan gol karena para pemain Vietnam membua bola jauh.

Baca Juga: Album Penyair SATUPENA dengan Artificial Intelligence: Pengantar Buku Puisi dan Album Lagu dari Denny JA

Pada menit ke 57 lewat tendangan bebas yang didapatkan usai Tristan Raissa melanggar pemain Vietnam.
Namun tendangan keras dari Nguyen Manh Cuong malah masuk dalam dekapan Dafa Al Gasemi.

Timnas Indonesia semakin menjadi dalam laga melawan Vietnam, beberapa kali mereka mendapatkan peluan namun belum juga berbuah gol.

Namun itu tidak membuat para pemain Timnas Indonesia U16 tidak menyerah dan terus membabi buta mengggempur lini pertahanan Vietnam

Baca Juga: PIala Eropa 2024: Menang atas Rumania, Ribuan fans Belanda di Kota Ambon Melakukan Aksi Konvoi

Akhirnya Timnas Indonesia mampu menciptakn gol ketiga pada menit ke 76 melalui Daniel Alfrido usai menerima umpan dari Mierza Firjatullah tepat di kotak penalti dan mengubah menjaid 3-0.

Tak lama dari gol Daniel Alfrido, Timnas Indonesia kembali menambah pundi golnya yang dicetak oleh Zahaby Gholy untuk kedua kalinya.

Gholy sukses sarangkan gol ke gawang Vietnam untuk kedua kalinya usai memanfaatkan umpan dari Mierza Firjatullah pada menit ke 78.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Permintaan Ronald Koeman Terhadap Para Pemain di Delapan Besar

Menariknya, Gholy pun melakukan selebrasi ‘Siu’ ala Cristiano Ronaldo yang disambut meriah oleh para pendukung Timnas Merah Putih yang memenuhi Stadion Manahan, Solo.

Berawal dari kesulitan Mierza dalam menedadng bola dari sisi kiri langsung berikan umpan kepada Gholy yang ada di depan gawang membuat Gholy lansgung menendang bola ke arah gawang.

Timnas Indonesia pun memimpin 0-4, namun para pemain Timnas Indonesia tidak puas dengan keadaan yang adad membuat mereka menambah keunggulan menjadi 0-5.

Adalah Daniel Alfrido yang catatkan gol keduanya pada menit ke 82 usai menerima umpan dari Mierza.
Hingga tambahan waktu 3 menit yang diberikan tidak mampu membuat para pemain Timnas Indonesia gagal mencetak gol.

Dan wasit Du Jianxin meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dengan kedudukan 0-5 untuk kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Dengan hasil ini membuat Timnas Indonesia sukses meraih gelar juara ketiga ASEAN Cup U16 2024 ***
 

Sumber: Indosiar, ASEAN Football

Berita Terkait