DECEMBER 9, 2022
Football

ASEAN Cup U16 2024: Kalahkan Thailand Tos Tosan, Australia Raih Juara

image
Anthony Didulica mencoba lewati pemain Timor Leste dalam laga ASEAN Cup U16 2024 di Stadion Sriwedari yang dimenangkan Australia dengan skor 12-0 (Doc. PSSI/LOC ASEAN U-16 Boys Championship 2024)

SPORTYABC.COM – Laga final ASEAN Cup U16 2024 pertemukan Thailand melawan Australia yang dimenangkan oleh Australia lewat adu penalti dengan skor 8-7.

Laga final ASEAN Cup U16 2024 antara Thailand melawan Australia berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah Rabu 3 Juli 2024.

Pada menit ke 10, wasit berikan hadiah penalti kepaada Austaralia usai Kanapoth Inthasing dinilai melakukan handsball di areal terlarang

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Namun keputusan tersebut dibatalkan usai wasit melihata tayangan VAR di pinggir lapangan, namun Kanapoth Inthasing dinyatakan tidak melakukan handsball.

Kiper Australia Jai Ajanovic melakukan penyelamatan yang sangat gemilang pada menit ke 20, Jai Arnanovic mampu tepis bola hasil tendangan Siwakorn Ponsan dari jarak dekat 

Thailand akhirnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke 33 berawal dari umpan yang dilakukan oleh Jai Arnanovic kepada 

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

Malual Kuir gagal control bola yang datang dengan baik namun dapat direbut oleh Poramet Laoongdi
Tanpa kesulitan, Poramet Laoongdi menankan duel satu lawan satu dengan Jai Arnanovi, 1-0 untuk Thailand.

Australia mampu samakan kedudukan pada menit ke 45+3 melalui gol yang dicetak oleh Quinn Manichol. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Lepas dari kamar ganti, Australia peroleh peluang lewat tendangan Amlani Tatu pada menit ke 50, Namun bola hasil tendangan Tatu masih dapat diamankan oleh Supakom Poonphol

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Australia berhasil kembalikan keadaan usai menjebo gawang Thailand pada menit ke 76 berawal dari aksi Amlani Tatu yang lolos jebakan Offside.

Tatu lepaskan tendangan yanga membuat bola melewati Supakom Poonphol yang diterusan oleh Anthony Stipe Didulica untuk teruskan ke gawang.

Namun tak berselang lama,wasit kembali cek VAR dan putuskan membatalkan gol tersebut karena dalam tayangan ulang terlihat apakan Sitepe melakukan pelanggaran atau handsball sebelum gol tercipta.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Skor 1-1 tetap bertahan hingga waktu normal berakhir dadn dilanjutkan ke babak adu penalti berikut haasil penalti Australia melawan Thailand yang berakhir dengan untuk keungggulan Australia dengan skor 8-7.

Australia: Nickolas Alfaro (gol), Quinn Macnicol (gagal), Jay Noah Maltz (gol), Anthony Stipe Didulica (gol), Haine Anthony (gol), Christian David (gol), Garbowski (gol), Besian (gol), Jayden (gol)

Thailand: Poramet (gagal), Phumphan Puthong (gol), Phanuphong Wan-on (gol), Supakom Poonphol (gol), Natthakit Phosri (gol), Kittiphop (gol), Chaiwat Ngoenma (gol), Siwakorn (gol), Chatchawat (gagal) ***
 

Sumber: Asean Football, Socceroos, Indosiar

Berita Terkait