DECEMBER 9, 2022
Internasional

Copa America 2024: Messi Gagal Penalti, Argentina Melaju ke Semifinal

image
kiper Argentina Emiliano Martinez melompat usai menggagalkan penalti pemain Ekuador, dalam laga ini Argentina menang adu penalti dadn melaju ke babak semfinal Copa America 2024 (Copaamerica.com)

SPORTYABC.COM – Laga perempat final Copa America 2024 hadirkan Argetina melawan Ekuador yang berakhir dengan kemenangan Argentina melalui adu penalti 4-2

Laga perempat final Copa America 2024 antara Argetina melawan Ekuador berlangsung di Stadion NRG, Houston, Texas  Jumat 5 Juli 2024

Argentina langusng menekan lini pertahanan Ekuador sejak wasit Andres Matonte dari Uruguay membuka laga.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Emiliano Martinez melakukan penyelamtan gemilang ketika membok tendangan kaki kanan Jeremy Samiento di menit ke 15, namun sayang Kendry Paez gagal rebound lantaran tendangannya melayang di atas gawang.

Lini pertahan Argentina terus digempur oleh Ekuador, tim asuhan Lionel Scaloni pun mencoba menyeranng balik namun belum mendapatkan peluang bagus.

Argentina harus menunggu hingga menit ke 27 untuk menciptakan peluang berbahaya untuk Ekuador.
Dari sisi kanan, Naheul Molina lepaskan umapn silang ke kotak penalti, yang disundul oleh Enzo Fernandez namun masih menyamping tipi di sisi kiri gawang Alexander Dominguez.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

Enzo Fernandez kembali memiliki momentum membawa juara bertahan unggul pada menit ke 34 jikalau tendangannya tidak diblok lawan.

Argentina akhirnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke 35, melalui sundulan bek Lisandro Martinez, berawal dari sepak pojok di sisi kanan kemudian disundul ke belakang oleh Alexis Mac Allister

Dari belakang Martinez berlari ke sisi kiri mendekati bola sebelum menyundul  masuk ke gawang Ekuador
Pada menit ke 41, Enzo Fernandez kembali dapat peluang bagus mencetak gol. Mendapatkan umpan terobosan lambung, Fernandez lepaskan tendangan voli kaki kiri namun manyamping dari gawang Alexader Dominguez 

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Gareth Southgate Cukup Puas dengan Penampilan Anak Asuhnya

Lionel Messi terlihat kecewa dengan peluan bagus yang disia siakan oleh Enzo Fernandez tersebut.
Ekuador memiliki peluang samakan kedudukan ketika mendapatkan penalti pada menit ke 60. 

Penalti diberikan usai wasit melihat Rodrigo De Paul handsball akibat menahan bola sundlan Alan Fanco dengan tangan.

Ener Valencia yang menjaid eksekutor gagal jalankan tugasnya pada menit ke 62 diman tendangan kaki kananya membentur tiang gawang Argentina walaupun Emilinao Martinez terkecoh lantaran bergerak ke kiri.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Lionel Messi dapatkan peluang emas pada menit ke 68, berawal dari menerima umpan terobosan Lambung De Paul, Messi yang berada di kotak penalti mengontrol bola dengan dada usai bek lawan gagal membuang bola.

Messi kuasai bola dengan baik, namun bola berada di kaki kanan bukan di kaki kiri yang menjadi kaki terbaiknya. Tendangan kaki kanan Messi akhinrya bisa ditangkap kiper Alexander Dominguez.

Ekuador dapat menyamakan kedudukan pada menit ke 90+1,  berawal dari tendangan kaki kiri John Yeboah dari luar kotak penalti ddisundul Kevin Rodriguez dan masuk ke pojok kanan bawah gawang Emliano Martinez.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Walau demikian wasit Andres Matonte dari Uruguay pun mengecek VAR terkait gol tersebut, dimana Jordy Caicedo dalam posisi offside melakukan pergerakan menyambut bola yang disundul oleh Rodriguez.

Wasti Matonte menyatakan gol Rodriguez sah dan Ekuador menyamakan kedudukan di menit akhir, hingga akhrinya berlanjut ke adu penalti.

Dimana Ekuador ada dua  dari empat  penendangnya yaitu Angel Mena, Alan Minda gagal menjalankan tugas  semetara Yeboah dan Jordy Caicedo sukses mencetak go.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Sementara itu dari kubu Argetina mulai dari Julián Álvarez Alexis Mac Allister, Gonzalo Montiel, Nicolás Otamendi  sukses menjalankan tugasnya sementara Lionel Messi gagal. ***
 

Berita Terkait