DECEMBER 9, 2022
Internasional

Copa America 2024: Messi Cetak Gol, Argentina Tatap Final

image
Seleberasi pemain Argentina usai Lionel Messi catatkan namanya di papan skor, Argentina melaju ke babak final Copa America 2023 usai kalahkan Kanada di semfinal (Copaamerica.com)

SPORTYABC.COM – Laga semifinal Copa America 2024 pertemukan kembali Argentina melawan Kanada yang berakhir dengan kemenangan Argentina dengan skor 2-0

Laga semifinal Copa America 2024 antara Argentina melawan Kanada berlangsung di Stadion MetLife, East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat, Rabu 10 Juli 2024.

Kanada langsung menenkan lini pertahanan Argentina sejak wasit Piero Maza dari Chile membuka laga.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Terbukti pada menit ke 8, Jacob Shaffeburg mampu merangsek ke areal penalti Argentina pada menit ke 8 denan kondisi lini pertahanan Argentina sedikit melonggar

Sayang, tendangan Jacob Shafferlburg dari sisi kiri kotak penalti masih melebar dari gawang Emiliano Martinez.

Hingga menit ke 12 Argentina kirimkan peluang berbahaya pertama mereka, namun Angel Di Maria menyerang dari sisi kanan dan melihat Lionel Messi sudah mendekat ke kotak penalti Kanada

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

Di Maria pun langsung mengoper bola ke Lionel Messi yang menembaknya dari tepi kotak penalti namun tendangannya melebar tipis dari sasaran darn Argetina menunda pesta.

Argentina pun harus menunggu hingga menit ke 22 untuk mendapatkan gol pertama mereka berawal dari Rodrigo De Paul yang kuasai bola di tengah lapangan dan melihat ruang kosong di antara Julian Alvarez

Tanpa pikir panjang, Rodrigo De Paul langsung lepaskan operan kepada sang penyerang, Julian Alvarez pun coba dihentikan oleh Moise Bombito namun sang bek justru terjatuh.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Satrio Arismunandar Sebut Ada Beberapa Contoh Pengadilan Berperan Signifikan dalam Pembentukan Hukum

Alvarez yang berada di tengah kotak penalti pun langsung lepaskan tendangan dari jarak dekat, Maxime Crepeu gagal membendungnya dan terkoyak lah gawang Kanada, 1-0 untuk Argentina.

Argentina berusaha untuk segera menggandakan keunggulan namun usaha Angel Di Maria dan Niclas Tagliafico tidak berakhir sukses.

Lionel Messi pun berusahan membuka golnya di Copa America 2024 dan pada menit ke 33, Messi dapat kesempatan terbaiknya dan dirinya sudah berdiri di tengah kotak penalti Kanada.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Posisi Lionel Messi sudah lebih dekat ke gawang dan dirinya tinggal berhadapan dengan Crepeau, namun tendangan megabintang melebar tinggi di sisi kanan gawang Kanada.

Kanada sendiri masih membawa ancaman dan lemparan ke dalam Alistair Johnson pada menit ke 45+2 yang hampir diteruskan menjadi gol oleh Jonathan David.

Namun, Emiliano Martinez bereaksi cepat untuk memblokir tendangan David di sisi kanan gawangnya.
Hingga babak pertama dan wasit Piero Maza dari Chile menutup laga dengan keunggulan Argentina dengan skor 1-0.

Baca Juga: Liga 1: Semen Padang FC Jadikan Stadion STIK Jakarta sebagai Laga Kandang

Lepas dari kamar ganti, Argentina bergerak cepat dan mendapatkan gol tambahan lewat situasi yang unik,
Berawal dari Enzo Fernandez lepaskan tendangan dari tengah kotak penalti usai Kanada gagal melakukan sapuan pada menit ke 51.

Tendangan Enzo Fernandez sempat mengenai kaki Lionel Messi yang berdiri tepat di depan gawang, namun selebrasi Argentina sempat terhenti sejenak oleh keputusan wasit Piero Maza dari Chile untuk mengecek VAR.

Usai melakukan pengecekan VAR, Argentina berhak atas gol kedua dan Lionel Messi akhirnya membuka keran golnya untuk pertama kalinya di Copa America 2024.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Wasit Kasus Match Fixing Pimpin Laga Klasik Belanda Melawan Inggris

Unggul dua gol, tidak membuat Argentina merasa aman dan Julian Alvarez kembali berikan ancaman pada menit ke 61.

Alvarez pun berlari sendirian dan tinggal berhadapan dengan Crepeau usai mendapatkan umpan dari Angel Di Maria.

Sayang, tendangan penyerangn Manchester biru ini hanya mengarah ke pelukan Crepeau dan kedudukan tetap 2-0 untuk Argentina.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Rekor Lamine Yamal Bawa Spanyol Tatap Final

Kesalahan lini belakang Argentina nyaris membuat mereka kebobolan pada menit ke 89, namun Emiliano Martinez menjadi pahlawan dengan menghalangi tendangan Tani Oluwseyi untuk masuk ke gawangnya.

Satu menit berselang, Oluwaseyi kembali dapatkan kesempatan di depan gawang tetapi tendangannya kali ini melebar di sisi kanan gawang Argentina.

Keduduan 2-0 untuk Argentina atas Kanada bertahan hingga wasit Piero Maza dari Chile meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Menangnya Gerakan “ Katakan Tidak Kepada Keharusan Berjilbab”

Dengan hasil ini Argentina melaju ke babak final dan mennggu tantangan pemenang dari Kolombia melawan Uruguay yang baru main besok pagi WIB.

Sementara Kanada akan memainkan laga tempat ketiga melawan tim yang kalah dari Uruguay melawan Kolombia.  ***

Sumber: Copaamerica.com

Berita Terkait